Diskominfo Kukar Pemberdayaan Janda di Kukar Melalui Pelatihan Keterampilan

Pemberdayaan Janda di Kukar Melalui Pelatihan Keterampilan

6
SHARE
Keterangan foto: Kantor Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kutai Kartanegara (Distransnaker Kukar) membuka pelatihan bagi para janda. (Dok. Kontributor)

Mediasiutama.com, Tenggarong – Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kutai Kartanegara (Distransnaker Kukar) mengumumkan kelanjutan program pelatihan keterampilan yang ditujukan untuk memberdayakan janda di daerah tersebut. Program ini dirancang untuk memberikan keterampilan baru dan membuka peluang usaha bagi para peserta.

Setelah mencatat kesuksesan pada tahun sebelumnya dengan pelatihan tata boga, menjahit, dan salon kecantikan, maka Distransnaker Kukar bakal memperluas cakupan programnya. Pada 2023, sekitar 60 janda telah mengikuti pelatihan dan menerima bantuan berupa mesin jahit untuk memulai usaha mereka sendiri.

“Tahun ini, program pelatihan akan difokuskan di sejumlah kecamatan, dengan menawarkan pelatihan dalam bidang tata boga, servis sepeda motor, serta salon dan barber shop,” kata Muhammad Hatta, Plt Kepala Distransnaker Kukar, pada Rabu (20/3/2024).

Distransnaker Kukar telah melakukan survei di kecamatan-kecamatan untuk memastikan minat dan kebutuhan masyarakat terhadap program pelatihan. Hatta menyatakan harapannya agar program pelatihan dapat memberikan dampak positif bagi para peserta dan membawa perubahan yang signifikan dalam peningkatan kesejahteraan mereka.

“Kami ingin memberikan dukungan kepada para janda untuk bisa mandiri dan meningkatkan pendapatan mereka,” tegasnya.

Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas hidup dan kemandirian ekonomi para janda di Kukar. Dengan pelatihan yang relevan dan bantuan peralatan yang diperlukan, para janda diharapkan dapat membuka usaha baru atau meningkatkan usaha yang telah ada, sehingga dapat berkontribusi pada perekonomian lokal dan kesejahteraan keluarga mereka.

“Dengan adanya pelatihan ini, kami berharap para janda dapat memperoleh keterampilan baru yang dapat mereka manfaatkan untuk meningkatkan pendapatan mereka serta kesejahteraan keluarga mereka,” tutup Hatta.

(Adv/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email