Diskominfo Kukar Kampung Kopi Luwak Kukar, Aroma yang Menggugah dari Hati Kalimantan

Kampung Kopi Luwak Kukar, Aroma yang Menggugah dari Hati Kalimantan

7
SHARE
Keterangan foto: Kopi luwak dari Desa Prangat Baru, Kecamatan Marangkayu mulai menjadi primadona. (istimewa)

Mediasiutama.com, Tenggarong – Di tengah hamparan hijau Kalimantan Timur, tersembunyi sebuah permata yang kini mulai menarik perhatian para penikmat kopi dan wisatawan. Kampung Kopi Luwak di Kabupaten Kutai Kartanegara bukan hanya menyajikan kopi luwak yang kaya rasa, tetapi juga pengalaman berwisata yang menyatu dengan alam.

Berlokasi di Jalan Poros Samarinda-Bontang Kilometer 60, Desa Prangat Baru, Kecamatan Marangkayu, Kampung Kopi Luwak menghadirkan sensasi berwisata yang berbeda. Pengunjung dapat langsung terlibat dalam proses pertanian kopi, mulai dari memetik hingga mencicipi kopi luwak yang telah siap saji. “Ketika kami melihat ada Wisata Kampung Kopi Luwak, kami menjadi penasaran untuk mencoba. Dan ternyata, kopi luwaknya memang memiliki rasa yang berbeda,” kata Nikita, seorang pengunjung, pada Rabu (27/3/2024).

Kampung Kopi Luwak tidak hanya menawarkan keindahan perkebunan kopi yang memanjakan mata, tetapi juga kesejukan alam yang menjadi tempat tinggal musang luwak, penghasil biji kopi berkualitas. Sejak tahun 2000, petani di sini telah berhasil mengembangkan perkebunan kopi dan membiakkan musang luwak, yang menghasilkan biji kopi luwak berkualitas hingga 1 ton per tahun.

Fitriati, Kepala Desa Prangat Baru, mengenang masa ketika kopi luwak hanya dianggap sebagai kotoran. “Pada tahun 1997, kopi luwak itu hanya dianggap kotoran, dan petani tidak mengambilnya,” katanya.

Namun, seorang ahli kopi dari Jakarta mengubah pandangan tersebut pada awal tahun 2000-an, menjelaskan bahwa biji kopi putih dari kotoran luwak memiliki potensi besar untuk diolah menjadi minuman kopi yang nikmat dan berkhasiat. Sejak MUI menyatakan kopi luwak halal, petani mulai mengumpulkan dan mengolah biji kopi ini.

“Awalnya petani masih ragu, tetapi setelah MUI menyatakan halal, kami mulai mengembangkan biji kopi luwak,” terang Fitriati.

Kampung Kopi Luwak kini tidak hanya menawarkan kopi berkualitas, tetapi juga pengalaman berwisata yang unik. Pengunjung dapat menikmati kesejukan perkebunan kopi dan memilih biji kopi luwak mereka sendiri. Ini adalah tempat yang sempurna untuk beristirahat dan bersantai, menikmati suasana alam yang sejuk sambil mencicipi salah satu kopi termahal dan terlezat di dunia.

Jika Anda berada di Kalimantan Timur, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Kampung Kopi Luwak, tempat di mana kopi tidak hanya diminum, tetapi juga dirasakan dan dihargai sebagai bagian dari warisan budaya dan alam.

“Kampung Kopi Luwak Kukar menjanjikan pengalaman yang akan membangkitkan semua indera dan meninggalkan kenangan tak terlupakan,” pungkasnya.

(Adv/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email