Andi Harun, Kota Samarinda Berprestasi di Tengah Tantangan Ekonomi Global

Andi Harun, Kota Samarinda Berprestasi di Tengah Tantangan Ekonomi Global

Mediasiutama.com, Samarinda – Wali Kota Samarinda, Andi Harun, memaparkan pencapaian ekonomi Kota Samarinda yang mengesankan dalam pidatonya di Rapat Paripurna DPRD Kota Samarinda. Meskipun dihadapkan pada tantangan ekonomi global yang berat, Kota Samarinda berhasil menunjukkan ketangguhan dan ketahanan di tengah badai.

“Pertumbuhan ekonomi Kota Samarinda pada tahun 2023 mencapai 8,62%, melampaui ekspektasi dan meningkat dari 6,6% pada tahun sebelumnya (2022). Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Samarinda juga mengalami peningkatan signifikan, mencapai 82,32% pada tahun 2023, lebih tinggi dari 81,43% pada tahun 2022,” tuturnya.

Tidak hanya itu, tren positif juga terlihat dalam penurunan angka kemiskinan dan pengangguran. Angka kemiskinan Kota Samarinda turun menjadi 4,81% dari tahun sebelumnya, sementara angka pengangguran menurun dari 6,78% pada tahun 2022 menjadi 5,92% pada tahun 2023.

Andi Harun mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian ini dan menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dalam membangun ekonomi yang kuat dan berkelanjutan.

“Kota Samarinda membuktikan bahwa meski badai ekonomi global menerpa, kolaborasi yang baik dapat mengatasi tantangan dan membawa kemajuan bagi kesejahteraan warganya,” pungkasnya.

(Adv/DiskominfoSamarinda)