Daerah Catat Tanggalnya! Haul Akbar Penyebar Kutai Tuan Habib Tunggang Pangeran di Kutai...

Catat Tanggalnya! Haul Akbar Penyebar Kutai Tuan Habib Tunggang Pangeran di Kutai Lama

33
SHARE
Haul Akbar Tuan Habib Tunggang Pangeran di Kutai Lama.

Mediasiutama.com, Kutai Lama – Haul Akbar penyebar Islam pertama di kawasan Kerajaan Kutai, Tuan Habib Tunggang Parangan, akan digelar pada hari Rabu, 4 Oktober 2023.

Acara ini akan dimulai pukul 19.00 WITA di Kompleks Makam Tuan Habib Tunggang Parangan, Kutai Lama / Kecamatan Anggana. Kegiatan bernama “Haul Akbar Tuan Habib Tunggang Parangan Kutailama” ini mengangkat tema “Maknai Jejak Sejarah Syiar Islam di Kalimantan Timur Untuk Mewujudkan Generasi Islami yang Berkepribadian Aktif, Kreatif, Kompetitif, dan Agamis.”

Dalam rangkaian kegiatan haul ini, akan dilakukan pembacaan maulid, pembacaan manaqib Tuan Habib Tunggang Parangan, tahlil, dan ceramah agama. Acara ini memiliki beberapa tujuan yang sangat penting.

Pertama, untuk menjalin silaturahim antar muslimin se-Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kalimantan Timur. Kedua, untuk melakukan dakwah Islam dengan fokus pada pengajaran yang relevan dengan kehidupan masyarakat saat ini. Ketiga, untuk mengingatkan dan memperkuat keimanan serta ketaqwaan umat Islam. Keempat, untuk mempromosikan Desa Kutai Lama sebagai obyek wisata religi di Provinsi Kalimantan Timur.

Salah satu versi sejarah mencatat bahwa Tunggang Parangan, yang juga dikenal dengan gelar Si Janggut Merah, bersama Datuk Ribandang, adalah tokoh penyebar agama Islam pertama di Kerajaan Kutai pada masa pemerintahan Raja Aji Mahkota (1525 – 1589).

Setelah Raja Aji Mahkota, pemerintahan Kerajaan Kutai dilanjutkan oleh Sultan Aji Dilanggar hingga tahun 1605. Dalam dakwah mereka, penyebaran Islam semakin pesat hingga rakyat Kutai banyak yang memeluk agama Islam.

Selanjutnya, cucu Raja Mahkota, yakni Aji Ki Jipati Jayaperana dengan gelar Pangeran Sinum Panji Mendapa, melanjutkan penyebaran ajaran Islam dan bahkan menaklukkan kerajaan Hindu Martapura.

Ada juga versi sejarah lain yang mencatat bahwa sebelum kedatangan Tuan Habib Tunggang Parangan, saudagar Arab, termasuk Sayyid Muhammad bin Abdullah bin Abu Bakar al-Marzak, yang juga seorang ulama dari Minangkabau, pernah datang ke pedalaman Kutai.

Mereka memiliki tujuan yang sama, yaitu menyebarkan agama Islam di Kutai. Namun, saat itu belum berhasil membujuk Raja Mahkota untuk memeluk agama Islam.

Haul Tuan Habib Tunggang Parangan adalah agenda tahunan yang diadakan di Kutai Lama / Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Acara ini menjadi pengingat penting akan jejak sejarah penyebaran Islam di kawasan ini dan bagian integral dari warisan budaya dan agama masyarakat setempat.(*)

Print Friendly, PDF & Email