Diskominfo Kukar Rumah Coklat Lung Anai, Magnet Baru Pariwisata di Kutai Kartanegara

Rumah Coklat Lung Anai, Magnet Baru Pariwisata di Kutai Kartanegara

10
SHARE
Bupati Edi saat meresmikan Rumah Coklat di Desa Lung Anai. (Kontributor)

Mediasiutama.com, Tenggarong- Di tengah gemerlapnya industri pariwisata, Desa Lung Anai tampil sebagai bintang baru dengan pembukaan Rumah Coklat Lung Anai. Tempat ini bukan hanya sekadar pusat perkebunan kakao, tetapi juga sebagai destinasi wisata yang menjanjikan pengalaman autentik bagi para pengunjung.

Edi Damansyah, Bupati Kutai Kartanegara, mengungkapkan optimisme terhadap proyek yang menggabungkan nilai budaya dan potensi ekonomi ini. “Rumah Coklat ini merupakan langkah maju dalam memperkenalkan kekayaan budaya kita dan meningkatkan kualitas produksi cokelat lokal,” ucap Edi belum lama ini.

Ia juga menambahkan bahwa pemerintah daerah telah memberikan pelatihan khusus kepada masyarakat untuk meningkatkan daya saing di pasaran.

Edi menyampaikan bahwa pemerintah daerah mendorong pengelolaan aset desa berupa tanah dua hektare untuk memperluas kebun cokelat, serta meminta Dinas Perkebunan untuk mengalokasikan anggaran untuk Demplot sebagai sarana pendukung.

Lucay Nay, Kepala Desa Lung Anai, menambahkan bahwa dukungan pemerintah daerah telah membawa perubahan signifikan. “Dengan bimbingan dan pelatihan yang diberikan, kami yakin Desa Lung Anai akan terus berkembang dan bersaing di tingkat yang lebih tinggi,” tutur Lucay.

Ia juga menjelaskan bahwa fasilitas rumah kakao yang sebelumnya dimiliki oleh FPMLK Lung Anai, kini telah menjadi aset pemerintah desa dengan nama baru Rumah Coklat Lung Anai.

Rumah Coklat Lung Anai menawarkan lebih dari sekadar kelezatan cokelat. Pasalnya, tempat ini adalah simbol kemajuan dan inovasi bagi desa tersebut. Dengan keindahan alam dan keunikan budaya yang dimiliki, Rumah Coklat Lung Anai siap menjadi daya tarik baru yang menjanjikan bagi wisatawan lokal maupun internasional.

“Proyek ini diharapkan akan membawa dampak positif yang berkelanjutan,” imbuhnya.

Dia menambahkan, proyek ini tidak hanya bagi ekonomi desa tetapi juga bagi kehidupan sosial masyarakat. Dari desa yang dulunya terpencil, Lung Anai kini bertransformasi menjadi inspirasi bagi banyak daerah lain di Indonesia untuk mengembangkan potensi lokal mereka menjadi magnet pariwisata yang berkelas dunia.

Adv/Diskominfo Kukar.

Print Friendly, PDF & Email