Diskominfo Kukar Menengok Gebrakan Sektor Pertanian Desa Kerta Buana

Menengok Gebrakan Sektor Pertanian Desa Kerta Buana

6
SHARE

Mediasiutama.com, Tenggarong– Desa Kerta Buana, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar) tengah mengalami gebrakan dalam sektor pertanian. Berbagai program pembangunan dijalankan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan sektor ini.

Pada 2024, program pembangunan yang sedang berjalan mencakup berbagai aspek penting dalam pertanian. Salah satunya adalah pembangunan turap sungai induk, irigasi, dan semenisasi jalan pertanian sepanjang sekitar 200 meter. Kabar baiknya, proyek-proyek ini sudah rampung dan siap dimanfaatkan oleh para petani.

Namun, di tengah kesuksesan pembangunan infrastruktur, terdapat satu rencana yang masih terhambat. Pembangunan gazebo kecil di lokasi tertentu belum dapat dilaksanakan karena belum mendapatkan izin dari para petani.

“Para petani belum memberikan izin (gazebo di sawah), makanya kita terus berikan edukasi kepada petani agar bisa mendukung rencana ini,” kata Kepala Desa Kerta Buana, I Dewa Ketut Basuki pada Sabtu (30/3/2024).

Meskipun gazebo di sawah masih tertunda, rencana lain untuk membangun gazebo di kawasan lapangan bola dengan ukuran 8×10 meter terus berjalan. Gazebo ini nantinya akan menjadi tempat berkumpul bagi anak-anak dan meramaikan daerah tersebut.

Pembangunan gazebo ini juga merupakan langkah persiapan untuk menyambut rencana salah satu perusahaan tambang batubara yang akan membuat wisata sawah di desa tersebut.

“Jadi kita imbangi dengan pembangunan gazebo-gazebo itu,” sebut Ketut.

Komitmen pemerintah desa dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan pertanian di Desa Kerta Buana terlihat jelas dengan alokasi anggaran yang mencapai ratusan juta rupiah untuk pembangunan infrastruktur sektor pertanian.

“Sekitar Rp 500 juta yang dialokasikan,” tutup Ketut.

(Adv/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email