Diskominfo Kukar Rencana Pembangunan Kantor Kelurahan Maluhu Pascakebakaran

Rencana Pembangunan Kantor Kelurahan Maluhu Pascakebakaran

6
SHARE

Mediasiutama.com, Tenggarong – Tragedi kebakaran yang menghanguskan Kantor Kelurahan Maluhu pada hari raya Idulfitri, 10 April 2024, telah memicu inisiatif pembangunan gedung baru. Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro, telah mengajukan permohonan pembangunan untuk menggantikan struktur yang hilang, dengan harapan dapat segera memulihkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 04.00 Wita tersebut mengakibatkan kerugian besar, dengan seluruh aset dan dokumen kelurahan menjadi korban si jago merah. Rekaman CCTV menunjukkan bahwa api bermula dari aula teras depan yang terbuat dari kayu, sebelum akhirnya merambat dan menghancurkan seluruh bangunan.

“Kami kehilangan segalanya di kantor, tetapi untungnya dua dokumen penting berhasil diselamatkan, yaitu berkas PTSL dan SPJ Rp 50 per-RT,” ungkap Joko pada Selasa (16/4/2024).

Namun, tidak semua berita baik, beberapa dokumen penting milik pegawai juga ikut terbakar, termasuk ijazah sekolah dan akte kelahiran yang belum sempat dibawa pulang. Musibah ini langsung dilaporkan kepada Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara setelah Sholat Ied.

Pemerintah daerah telah berkomitmen untuk membangun kembali kantor kelurahan di lokasi yang sama, dengan tujuan untuk secepatnya mengembalikan fungsi pelayanan kepada warga.

“Kami berharap pembangunan gedung baru dapat segera terlaksana tahun ini,” tutup Joko dengan nada penuh harapan. Inisiatif ini diharapkan tidak hanya memulihkan fungsi administratif kelurahan tetapi juga menjadi simbol ketangguhan dan pemulihan komunitas pasca bencana.

(Adv/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email