Diskominfo Kukar Anggaran Pembangunan Pecahkan Rekor, Loa Kulu Siapkan Masterplan Desa

Anggaran Pembangunan Pecahkan Rekor, Loa Kulu Siapkan Masterplan Desa

6
SHARE

Mediasiutama.com, Tenggarong – Memasuki tahun 2024, Kecamatan Loa Kulu di Kutai Kartanegara tidak hanya menyambut proyek Ibu Kota Negara (IKN) dengan tangan terbuka, tetapi juga dengan langkah konkret menuju pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. Camat Ardiansyah mengambil inisiatif dengan mengajak para kepala desa untuk memanfaatkan penambahan masa jabatan dalam merencanakan dan melaksanakan proyek-proyek strategis.

“Kita berada di ambang kesempatan emas. Penambahan masa jabatan ini memberi kita ruang lebih untuk mengembangkan desa-desa kita,” kata Ardiansyah pada Selasa (23/4/2024).

Dia menambahkan bahwa kolaborasi antar desa akan menjadi fondasi bagi pembangunan yang berkelanjutan. Dengan alokasi anggaran pembangunan terbesar di tahun 2024, Loa Kulu ditetapkan untuk menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam pembangunan yang sukses. “Kami mengarahkan, desa yang beraksi. Anggaran dan kegiatan ada di tangan mereka,” jelas Ardiansyah, menekankan pentingnya peran serta masyarakat desa dalam proses pembangunan.

Ardiansyah yakin bahwa penambahan masa jabatan dua tahun bagi para kepala desa akan menjadi momentum penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten. “Kita harus memanfaatkan amanah ini untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Para kepala desa diharapkan dapat mengidentifikasi dan memprioritaskan proyek infrastruktur yang signifikan. “Kami ingin Loa Kulu menjadi contoh keberhasilan pembangunan desa di Indonesia,” harap Ardiansyah.

Selain pembangunan fisik, komitmen ini juga mencakup pemberdayaan masyarakat. Ardiansyah mengajak para kepala desa untuk menciptakan program-program yang efektif dalam memanfaatkan penambahan masa jabatan ini.

“Kolaborasi antara pemerintah kecamatan dan desa akan membawa Loa Kulu ke tingkat berikutnya, terutama dalam menyambut IKN,” tutup Ardiansyah dengan optimisme.

(Adv/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email