Diskominfo Kukar Menikmati Oase Ketenangan Danau Semayang Dari Hati Kukar

Menikmati Oase Ketenangan Danau Semayang Dari Hati Kukar

6
SHARE

Mediasiutama.com, Tenggarong- Di tengah hiruk-pikuk kehidupan modern, terdapat sebuah oase ketenangan yang bernama Danau Semayang. Terletak di Desa Semayang, Kecamatan Kenohan, Kutai Kartanegara (Kukar), danau ini menawarkan lebih dari sekadar pemandangan; ia adalah saksi bisu peradaban yang tumbuh dan berkembang di tepiannya.

Dengan luas yang mencapai 13.000 hektare, Danau Semayang berada di sebelah kiri Sungai Mahakam, bersebelahan dengan Danau Melintang di sisi kanan sungai. Pengelolaan yang dilakukan oleh Pokdarwis Dikmalestari telah mengubah danau ini menjadi destinasi yang memikat hati ribuan pelancong, baik lokal maupun dari luar daerah.

“Sejak H+1 Idulfitri, kami menyaksikan lonjakan pengunjung hingga 500 orang per hari. Mereka datang tidak hanya dari sekitar Kukar tetapi juga dari berbagai penjuru lainnya,” ungkap Mariatul Husna, Ketua Pokdarwis Dikmalestari.

Danau Semayang bukan hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga pengalaman yang memanjakan mata dan jiwa. Atmosfernya yang mirip dengan pantai, lengkap dengan deburan ombak dan panorama matahari terbit dan terbenam, menjadikan danau dengan kedalaman 3,5 meter ini tempat yang sempurna untuk menikmati momen-momen dramatis saat awan mendung dan petir menyatu dengan horizon.

“Kami menawarkan paket wisata susur danau dengan biaya hanya Rp 20 ribu per orang. Setiap perahu dapat menampung hingga 12 orang, memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk merasakan keindahan Danau Semayang dari dekat,” jelas Husna.

Homestay yang tersedia di Danau Semayang siap menyambut pengunjung yang ingin menginap. Meskipun belum sepenuhnya operasional, homestay ini sudah dapat dikunjungi dengan tarif masuk Rp3 ribu per orang.

“Pengunjung dapat menikmati waktu bersantai, berfoto, atau piknik bersama keluarga di area homestay,” tambah Husna.

Danau Semayang memiliki daya tarik unik, mulai dari pemukiman warga yang mayoritas nelayan dengan karakteristik yang khas, hingga spot foto yang menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Danau ini tidak hanya menjadi surga bagi fotografer tetapi juga bagi mereka yang mencari ketenangan di tengah alam.

Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan panorama Danau Melintang yang lokasinya berdekatan dengan Semayang, serta habitat ikan tawar yang langka, termasuk lumba-lumba dan ikan pesut air tawar yang hanya ada di beberapa negara.

“Dengan keindahan dan fasilitas yang ditawarkan, Danau Semayang siap menjadi destinasi wisata pilihan bagi mereka yang mencari pengalaman tak terlupakan di Kukar,” pungkas Husna.

(Adv/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email