Dispar Kukar Kukar Festival Budaya Nusantara 2024: Pekan Pelestarian Budaya Lokal yang Meriah

Kukar Festival Budaya Nusantara 2024: Pekan Pelestarian Budaya Lokal yang Meriah

6
SHARE

Mediasiutama,TENGGARONG – Dalam rangka pelestarian budaya lokal, Kutai Kartanegara (Kukar) akan menggelar Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) 2024. Festival yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar ini dijadwalkan berlangsung mulai 8 hingga 13 Juli 2024.

KFBN 2024 merupakan bagian dari Program Bupati dan Wakil Bupati Kukar, yang dikenal dengan Kukar Kaya Festival dan Kukar Kreatif Idaman. Festival ini akan menampilkan beragam pertunjukan seni yang diwakili oleh 23 kelompok paguyuban dan 53 sanggar seni dari 20 kecamatan di Kukar. Tak hanya itu, festival ini juga akan diramaikan oleh perwakilan dari 10 kabupaten/kota di Kalimantan Timur dan 20 provinsi lainnya di Indonesia.

Lokasi KFBN 2024 akan tersebar di beberapa titik strategis, termasuk Taman Kota Raja, Amphitheater Tenggarong, dan Halaman Parkir Stadion Rondong Demang.

“Kami mengundang seluruh dinas pariwisata di Kalimantan Timur untuk turut serta dalam acara ini,” ujar Antoni Kusbiantoro, Kepala Bidang Pembinaan Industri Pariwisata Dispar Kukar, Kamis (23/5/2024)

Lebih lanjut, Antoni menekankan bahwa KFBN 2024 juga akan melibatkan pelaku ekonomi kreatif di Tenggarong dan sekitarnya, dengan harapan festival ini dapat menjadi katalis dalam melestarikan budaya lokal di tengah pengaruh budaya global yang semakin kuat.

“Kami berambisi agar KFBN tidak hanya sebagai sarana pelestarian kebudayaan, tetapi juga sebagai medium untuk mendorong perekonomian masyarakat,” jelas Antoni.

Dalam persiapan KFBN 2024, beberapa sanggar seni telah mendapatkan undangan khusus. Antoni menghimbau peserta lain untuk segera mengkonfirmasi kehadiran mereka paling lambat pada tanggal 10 Juni 2024.

“Agenda KFBN tahun ini akan diisi dengan berbagai kegiatan yang berlangsung di siang dan sore hari, termasuk lomba-lomba tradisional yang menarik,” pungkasnya

Untuk menyukseskan KFBN 2024, Dispar Kukar telah melakukan koordinasi dengan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DiskopUKM), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), serta Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Adv/Dispar kukar

Print Friendly, PDF & Email