Daerah Targetkan Kursi Ketua DPRD Kaltim, PDIP Serahkan Berkas Bacaleg Ke KPU Kaltim

Targetkan Kursi Ketua DPRD Kaltim, PDIP Serahkan Berkas Bacaleg Ke KPU Kaltim

32
SHARE
Rombongan DPD PDI- Perjuangan Kaltim saat tiba di KPU

Mediasiutama.com, Samarinda – Ketua DPD PDIP Kaltim, Safaruddin optimis partainya bakal menguasai Kalimantan Timur dalam pemilu 2024.

Safaruddin menyampaikan, pihaknya telah memenuhi daftar daerah pemilihan (dapil) di Kaltim.

“Targetnya jadi Ketua DPRD Kaltim, targetnya 17 kursi” ujar Safaruddin usai mendaftar bacaleg di KPU Kaltim, Kamis (11/5/2023).

Safaruddin mengungkapkan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi dapil yang dominan sebesar 50 persen, dari dua kursi menjadi lima kursi.

Selain itu, ia menjelaskan daerah pemilihan yang dominan selain Kukar, seperti Samarinda dan Balikpapan yakni dari dua menjadi tiga kursi, Paser dan Penajam Paser Utara yang dulunya satu menjadi dua kursi, Kutai Barat dan Mahakam Ulu juga menjadi tiga kursi, serta Kutai Timur dan Berau dari dua menjadi tiga kursi.

Disinggung terkait kesenian daerah yang nampak mengiringi menuju KPU Kaltim, ia mengaku, bahwa PDIP Perjuangan berkomitmen menjaga budaya dan melestarikan budaya Indonesia.

“Budaya reog, tarian Dayak, kita semua punya kewajiban melestarikan budaya kita” tandasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kaltim, Rudiansyah membeberkan, berdasarkan hasil pemeriksaan partai yang masuk hari ini, PDIP dinyatakan lengkap.

“PDIP kita cek silonnya lengkap, hardcopy lengkap, kesesuaian nama lengkap, kesesuaian afirmasi bakal calon dari perempuan memenuhi syarat, sehingga kami keluarkan tanda terima” bebernya.

Lanjutnya, terkait verifikasi kebenaran dokumen, ia menambahkan jika masa verifikasi mulai dilakukan pada tanggal 15 Mei hingga 23 Juni.

“Setelah itu, kita sampaikan hasil verifikasinya ke partai sehingga partai dapat melakukan perbaikan apabila ada jenis dokumen yang harus diperbaiki” pungkasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email