Nasional Nusantara Goes To Campus Digelar di Unmul, Kenalkan Konsep Sustainable Forest City...

Nusantara Goes To Campus Digelar di Unmul, Kenalkan Konsep Sustainable Forest City Kepada Mahasiswa

74
SHARE
Kegiatan Nusantara Goes To Campus digelar oleh OIKN di Universitas Mulawarman, Senin (7/8/2023) sore

Mediasiutama.com, Samarinda – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) secara resmi menggelar Nusantara Goes To Campus edisi pertama di Kalimantan Timur, Senin (7/8/2023) sore. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Auditorium Universitas Mulawarman dan dihadiri oleh berbagai mahasiswa lintas kampus.

Kepala OIKN Bambang Susantono dalam sambutannya mengatakan, masa depan di IKN akan mengusung kota hutan berkelanjutan (sustainable forest city) dengan tetap mempertahankan hutan alaminya.

Untuk diketahui, luas daratan IKN mencapai 256142 Ha yakni empat kali lebih besar dari Jakarta yang hanya sebesar 53973 Ha. Jika dibandingkan dengan negara tetangga Singapura yang luasnya 72860, IKN masih lebih besar tiga kali lipatnya.

“Uniknya di IKN, 65 persen lahannya akan dijadikan hutan tropis dan ditanami dengan bibit pohon tanaman endemik Kalimantan melalui proses reforestasi” ucap Bambang melalui video Avatar dirinya secara hybrid.

Kebermanfaatannya sangat besar, lanjut Bambang. Mulai dari kualitas tanah dan siklus air, mencegah banjir hingga menyerap karbon. Bahkan, IKN akan digadang menjadi Kota Pintar atau Smart City dengan menerapkan ragam macam teknologi.

Disisi lain, Rektor Universitas Mulawarman Abdunnur merasa bangga terkait hadirnya IKN di Kaltim, sebab hal itu dapat mendukung pembangunan sarana prasanana, ekonomi, dan pembangunan lainnya yang ada di Kaltim.

“Hal ini tentu akan mentrigger kaum muda untuk terus berpartisipasi dan berkontribusi positif untuk membangun dan menguatkan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur” jelasnya.

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada Badan Otorita IKN karena telah menggelar Nusantara Goes To Campus sebagai bentuk kebersamaan pemerintah pusat maupun seluruh sivitas akademika di seluruh perguruan tinggi di Kaltim guna mendukung pembangunan IKN.

“Harapannya mahasiswa dapat menyerap seluruh informasi terkait IKN, serta dapat memahami konsep Ibu Kota baru” pungkasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email