Advertorial Pembangunan Pabrik Pakan Ternak, Diwanti-Wanti Akan Berlangsung 2024

Pembangunan Pabrik Pakan Ternak, Diwanti-Wanti Akan Berlangsung 2024

44
SHARE
Pemkab Kukar bersama Bappeda berencana bangun Pabrik Pakan Ternak di Kecamatan Loa Kulu.

Mediasiutama.com, Kukar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) berencana bangun Pabrik Pakan Ternak di tahun 2024 di Kecamatan Loa Kulu.

Rencana pembangunan pabrik pakan ternak tersebut, di inisiasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar dan akan dijalahkan oleh Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda).

Kabid Ekonomi Kukar Bagus Eko Sampurno mengatakan, pembangunan parbrik pakan ternak yang akan dilakukan di Kecamatan Loa Kulu, saat ini masih dilakukan tahap perencanaan serta pengkajian lebih mendalam.

“Saya belum mengetahui pastinya ada dimana tempat yang akan dibangun pabrik pakan. Rencana pembangunan pabrik tersebut bagian dari hilirisasi,” ucap Bagus Eko Sampurno pada, Selasa (10/10/2023).

Dirinya menilai, rencana pembangunan pabrik pakan ternak di Kecamatan Loa Kulu, sangat berdampak positif untuk para masyarakat, yang pekerjaannya sebagai peternak dan pembudidaya ikan.

“Maka dari itu kenapa kita tidak membangun pabrik sendiri saja, ini peluang sangat baik untuk kita semua,” ucapnya.

Lanjutnya, dengan adanya parbik pakan ternak, dapat meminimalisir pengeluaran biaya oprasional, bagi para peternak, dikarenakan pakan ternak terus melambung tinggi secara perlahan.

“70 persen operasional peternak itu ada di pakannya, jika ada pabrik pakan ternak di Kukar pastinya bisa menekan biaya pakan, tenaga kerja terserap, sehingga dapat mensejahterakan masyarakatnya,” ungkap Bagus.

Selain itu Bagus berpesan, kepada Organinasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, untuk sementara dapat melakukan pembenahan terkait biaya pakan ternak. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pelatihan membuat pakan.

“Para peternak harus dilatih membuat pakan mandiri, untuk menekan biaya pakan yang tinggi,” pungkasnya. (Adv/Kominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email