Advertorial Hadir Kembali KKI, Untuk Para Petani, Nelayan dan Pembudidaya Ikan di Kukar

Hadir Kembali KKI, Untuk Para Petani, Nelayan dan Pembudidaya Ikan di Kukar

108
SHARE
Kredit Kukar Idaman (KKI) kembali untuk para petani, nelayan dan pembudidaya di Kukar.

Mediasiutama.com, Kukar – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah kembali melaunchingkan Kredit Kukar Idaman (KKI) bagi para Petani, Nelayan, dan Pembudidaya Ikan dengan Persyaratan yang sangat mudah melalui BanKaltimtara.

Launching tersebut diadakan, Bersamaan dengan pencananganan Gerakan Pangan Murah Serentak se-Indonesia, di Halaman Parkir Kantor Bupati, Tenggarong pada, Senin (16/10/2023) Pagi.

Sebelumnya, KKI hadir untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memberikan pendanaan sebagai pembukaan modal usaha.

Dijelaskan, Bupati Kukar Edi Damansyah melaunchingkan program KKI bagi nelayan terbilang, hampir sama seperti KKI UMKM, yang memberikan kemudahan dengan bunga 0 persen dan dengan platform senilai Rp 50 juta.

“Jadi kredit ini menjamin semua kelompok tani dan boleh diakses untuk meminjam untuk permodalan dengan bunga nol persen, plafon Rp50 juta dan sesuai dengan analisis dilapangan oleh pihak bankaltimtara,” jelasnya.

Edi juga mengatakan, Launching KKI tersebut merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat mengakses permodalan.

Lebih lanjut, jangka waktu kredit maksimal sampai dengan 36 bulan dan skema pembayarannya pun diansur setiap kali panen atau setiap kali produksi secara periodik sesuai batas waktu akhir pengembalian.

“Kredit Kukar Idaman ini sudah dianalisis dan sangat mudah diakses bagi para petani, nelayan dan pembudidaya ikan dengan hanya mengembalikan pokoknya saja, untuk itu silahkan manfaatkan program Kredit Kukar Idaman,” ujarnya.

Selian itu Edi, memberikan himbauan untuk hentikan peminjaman modal ke rentenir, karena Pemkab telah berikan wadah untuk melakukan pinjaman melalui KKI untuk warga lokal Kabupaten Kukar.

“Pemkab Kukar telah mengalokasikan penyertaan modal ke bankaltimtara untuk dapat berkontrbusi bagi pengembangan perekonomian daerah, khususnya disektor riill yang ada di Kukar” Pungkasnya. (Adv/Kominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email