Advertorial Himbauan Bupati Kukar, Masyarakat Jangan Pinjam ke Rentenir Lagi

Himbauan Bupati Kukar, Masyarakat Jangan Pinjam ke Rentenir Lagi

41
SHARE
Bupati Kukar imbau masyarakat memanfaatkan Kredit Kukar Idaman.

Mediasiutama.com, Kukar – Himbauan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, meminta masyarakat Kukar untuk memanfaatkan program Kredit Kukar Idaman, dan berhenti meminjam ke rentenir.

Hal itu disampaikan Bupati Kukar, saat menghadiri acara Launching Kredit Kukar Idaman (KKI) yang diperuntukkan bagi Petani, Nelayan dan Pembudidaya Ikan. Acara digelar di laman parkir Kantor Bupati pada, Senin (16/10/2023).

“Saya menyerukan agar masyarakat hentikan meminjam uang ke rentenir, manfaatkan kredit Kukar Idaman melalui bankaltimtara dengan persyaratan mudah dan bunga nol persen,” ujar Bupati Kukar Edi Damansyah.

Bupati Kukar mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kukar telah memberikan ruang luas kepada seluruh masyarakat, untuk dapat mengembangkan peluang usaha dengan peluncuran Kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Skema pengkreditan ini, merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kukar dengan Bank Kaltimtara.

KKI dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses kredit melalui bank, dengan persyaratan yang sangat minim. Alokasi kredit ini dirancang oleh Pemerintah Kabupaten Kukar dengan mengalokasikan Penyertaan Modal kepada Bank Kaltimtara.

“Program Kredit Kukar Idaman ini juga merupakan bagian dari Program Dedikasi Kukar Idaman, dari 23 Program yang telah dicanangkan dalam Filosofi pembangunan Kukar Idaman 2021-2026, yakni bagian dari Program Usaha Kecil Idaman,” jelasnya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Kukar juga memfasilitasi seluruh UMKM, agar dapat masuk dalam sistem pemasaran digital. Sehingga syarat-syarat yang harus disediakan oleh UMKM akan difasilitasi pula oleh Pemerintah Kabupaten Kukar.

“Saya meminta Dinas Koperasi dan UMKM, untuk dapat mengiringi keberadaan kredit UMKM dengan menyediakan wadah konsultasi dan penguatan kompetensi melalui ”Klinik UMKM” di setiap kecamatan ataupun zona-zona yang memiliki potensi UMKM yang paling potensial, sehingga kredit Kukar Idaman ini dapat dimanfaatkan dan dioptimalkan bagi peningkatan potensi usaha masyarakat yang lebih terarah dan berkesinambungan,” tutur Bupati Kukar Edi Damansyah. (Adv/Kominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email