Advertorial Wabub Kukar Dukung Budi Daya Rumput Laut di Kecamatan Muara Badak

Wabub Kukar Dukung Budi Daya Rumput Laut di Kecamatan Muara Badak

46
SHARE
Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin tertarik dengan perkembangan budi daya rumput laut.

Mediasiutama.com, Kukar – Perkembangan pembudidaya rumput laut di Desa Salok Palai, Kecamtan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), sangat berkembang pesat.

Wakil Bupati (Wabup) Kukar Rendi Solihin sangat tertarik dengan perkembangan budidaya rumput laut yang telah memberikan dampak besar bagi sejumlah nelayan Kukar, dan sangat membawa keberkahan bagi warga di wilayah pesisir Kukar.

“Solar sudah mulai langka, para nelayan pun semakin sulit untuk ke laut untuk mencari ikan, dengan adanya budi daya rumput laut sangat membawa berkah bagi para nelayan untuk menghidupi mereka” ucap Rendi Solihin pada, (16/10/2023)

Dirinya mengatakan, selama 2 tahun budi daya rumput laut terhitung sangat pesat perkembangannya. Total ada 4 Kecamatan di Kukar yang miliki potensi sebagai wadah pembudidayaan yakni, Samboja, Muara Badak, Marangkayu, dan Muara Jawa.

“Kami akan fokus mengembangkan rumput laut” katanya.

Di sisi lain, Ramlan salah satu pembudi daya rumput laut, dirinya mengatakan, sudah ada 26 warga yang memutuskan untuk terjun memulai usaha ini. Mereka mengelola 102 hektare (ha) lahan rumput laut di Desa Salok Palai.

Dirinya mengatakan, membudidayakan rumput laut tidaklah sulit, karena bibitnya tidak perlu diberi penanganan khusus.

“Pembudidaya hanya perlu menyediakan jaring sebagai tempat pengembangannya,” kata warga lokal pembudidaya rumput laut.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar serius untuk mengembangkan budi daya ini dengan membangun pabrik pengolah rumput laut di Desa Muara Badak Ulu.

Dirinya juga sangat senang, Pemkab Kukar turut andil membantu pengembangan potensi usaha ini melalui sejumlah fasilitas pendukung.

Tahun 2018 lalu Ramlah mengaku, pihaknya menerima 150 kilogram bantuan bibit rumput laut. Serta dilakukan pembimbingan untuk menjadi pembudidaya profesional.

“Kemajuan ekonomi pesisir Kukar salah satunya berasal dari pengembangan rumput laut,” pungkasnya. (Adv/Kominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email