Advertorial Anggaran DBON Kaltim Rp 31 Miliar, Wakil Ketua DPRD Minta Evaluasi

Anggaran DBON Kaltim Rp 31 Miliar, Wakil Ketua DPRD Minta Evaluasi

25
SHARE
Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo.

Mediasiutama.com, Samarinda – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo, meminta Pj Gubernur Kaltim untuk mengevaluasi anggaran Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Kaltim yang mencapai Rp 31 miliar. Menurutnya, harus dipastikan apakah tugas pokok dan fungsi (tupoksi) DBON Kaltim sudah sesuai.

Sigit mengatakan, anggaran DBON Kaltim yang berasal dari hibah Pemprov Kaltim itu cukup fantastis. Dia mengatakan, DBON Kaltim adalah lembaga yang bakal mengeluarkan kebijakan dan aturan. Namun juga ada yang masuk ke ranah teknis.

“Memang ada informasi kalau DBON itu anggarannya sekarang ya cukup fantastis. Ini jadi tugas Pj Gubernur untuk mengevaluasi kembali,” tegas Sigit.

Sigit menjelaskan, jika nantinya sudah ada evaluasi oleh Pj Gubernur Kaltim, maka mesti dipastikan apakah tupoksi DBON Kaltim juga sudah sesuai. Atau justru ranah tupoksinya dikembalikan ke Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim atau Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim.

“Kan ada DBON, KONI, Dispora, artinya sesuai dengan tupoksi masing-masing. Oleh sebab itu DBON juga harus dicari tahu apakah sesuai dengan tupoksi atau kembalikan ranahnya ke Dispora atau KONI,” tambah dia.

Kendati begitu, pihaknya juga belum bisa menilai perkembangan prestasi olahraga di Kaltim dari anggaran yang sebanyak itu. Meski hibah dari Pemprov Kaltim mencapai Rp 31 miliar, DBON Kaltim juga masih baru.

“Saya sih tidak bisa langsung menilai dianggarkan sekarang, lalu ada prestasi olahraga kita. Ini kan baru jadi tidak bisa dinilai saat ini juga,” jelas politisi dari Fraksi PAN itu.

Sigit menyebut, perihal anggaran DBON Kaltim akan dibahas lebih jauh dengan pihak terkait. Dia menyarankan agar ada pembahasan lebih lanjut.

“Jadi harus ada pembahasan lebih lanjut ini. Jadi tugas pemerintah,” pungkasnya. (Adv/DPRD KALTIM)

Print Friendly, PDF & Email