Advertorial Dorong Petani Lokal Maju, DPRD Kaltim Gandeng Kementan Beri Bantuan Bibit

Dorong Petani Lokal Maju, DPRD Kaltim Gandeng Kementan Beri Bantuan Bibit

39
SHARE
Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji

Mediasiutama.com, Samarinda – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji berharap petani lokal yang ada di Kaltim bisa terus maju. Salah satunya dengan cara meningkatkan kualitas pangan seperti beras.

Seno menjelaskan, ada keinginan dari DPRD Kaltim agar petani lokal juga bisa maju dan berkembang. Sehingga, punya daya saing dengan daerah-daerah penghasil pertanian di luar Kaltim. Ini juga sebagai upaya agar tak terus-terusan bergantung dengan impor beras.

“Kita tidak bisa terus bergantung dengan daerah lain seperti Sulawesi, Jawa, atau daerah lainnya dan harus memanfaatkan potensi lahan Kaltim yang luas dan subur,” kata Seno.

Seno mengatakan, untuk mendorong kualitas pangan yang lebih maksimal, maka Kaltim menggandeng Kementerian Pertanian (Kementan). Kementan, ujar Seno, sudah menyerahkan bantuan bibit yang cocok dengan kondisi tanah di Kaltim, tingkat keasamannya di bawah pH 6.

“Kita juga harus memberi perlakuan yang tepat ke tanah di daerah. Ini supaya hasilnya maksimal. Sawahnya harus baik dan areanya diperbesar. Ini untuk mencapai swasembada pangan di Kaltim,” sambung Seno.

Seno juga mengapresiasi kerja sama dengan Kementan itu yang didukung oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dapil Kaltim, Budisatrio Djiwandono. Tercatat ada 1.000 petani yang menerima bantuan itu.

“Kita sangat bersyukur Pak Budi yang membidangi pertanian di DPR RI karena peduli dengan petani Kaltim dan memberikan aspirasinya untuk membantu petani kita. Ini adalah simbiosis mutualisme yang bagus,” tutupnya. (Adv/DPRD KALTIM)

Print Friendly, PDF & Email