Advertorial Desa Perian Muara Muntai, Wujudkan Potensi Ekowisata Air Terjun Sebagai Sumber Pendapatan...

Desa Perian Muara Muntai, Wujudkan Potensi Ekowisata Air Terjun Sebagai Sumber Pendapatan Desa

35
SHARE
Air terjun (Ilustrasi).

Mediasiutama.com, Kukar – Desa Perian, yang terletak di Kecamatan Muara Muntai, berencana mengoptimalkan potensi alamnya dengan menjadikan wisata air terjun sebagai salah satu penghasil Pendapatan Asli Desa (PADes). Kepala Desa Perian, Masrum, mengungkapkan rencana tersebut kepada awak media, pada Jumat (10/11/2023).

Masrum menyatakan bahwa, saat ini pihaknya sedang fokus melakukan pembenahan terhadap beberapa fasilitas yang terdapat di lokasi air terjun tersebut.

“Sejauh ini,pengelolaan wisata masih dalam tahap perencanaan,” ungkapnya.

Meskipun pengelolaan wisata masih dalam tahap perencanaan, ia meyakini bahwa dengan menjadikan air terjun sebagai objek wisata, akan menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

“Dengan mengoptimalkan potensi alam ini, kami berharap tidak hanya mendatangkan wisatawan, tetapi juga memacu pertumbuhan sektor ekonomi kreatif dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sekitar lokasi air terjun,” ujar Masrum.

Lebih lanjut, Masrum menjelaskan bahwa Pemerintah Desa Perian berencana menjalin kerja sama dengan PT Internasional Timber Corporation Indonesia Kartika Utama (PT ITCI KU), dalam pengelolaan situs wisata air terjun.

Keputusan tersebut diambil karena lokasi objek wisata masih berada di dalam wilayah perusahaan yang berfokus pada pengolahan kayu.

“Saat ini, kami sedang menyusun rancangan program kerja sama yang akan ditawarkan kepada PT ITCI KU. Kami berharap, kerja sama ini dapat segera terlaksana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Perian,” tambahnya.

Masrum berharap bahwa langkah ini dapat memberikan pemasukan tambahan bagi Desa Perian melalui sektor ekowisata, sambil tetap menjaga keindahan alam dan melibatkan masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan sekitar.

“Semoga keputusan ini, dapat memberikan manfaat yang positif bagi Desa Perian, sekaligus menjaga keasrian alam yang ada,” imbuhnya.

Langkah ini diambil oleh Pemerintah Desa Perian, guna membuka peluang baru dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan di wilayah tersebut. (Adv/Kominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email