Dispar Kukar Dispar Siap Bantu Sapras Desa Wisata di Kukar

Dispar Siap Bantu Sapras Desa Wisata di Kukar

12
SHARE

Mediasiutama.com,TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) terus mengembangkan sektor wisata di seluruh desa. Terutama yang memiliki objek wisata andalan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Slamet Hadiraharjo.

Slamet mengatakan, pihaknya berencana akan memberikan bantuan untuk mengembangkan objek wisata di Kukar. Bantuan yang diberikan ini berupa pemenuhan sarana dan prasarana (sapras) dan perbaikan infrastruktur. Tujuannya adalah untuk menarik minat wisatawan yang berkunjung ke Kukar. Dorongan yang dilakukan Dispar pada desa-desa yang memiliki objek wisata ini, merupakan bentuk komitmen nyata pemkab dalam mewujudkan pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Tahun ini kami siap membantu dan memberikan bantuan sapras penunjang bagi desa yang ingin mengusulkan menjadi desa wisata. Bantuan yang akan diberikan berupa tempat wisata, kita bantu dengan spot camping untuk kemah, toilet. Kemudian untuk home stay kita bantu seperti tilam, bantal dan sapras lainnya di tempat wisata,” papar Slamet, Kamis (23/3/2023).

Slamet menjelaskan, bantuan yang diberikan untuk mengembangkan desa wisata di Kukar ini, hanya diberikan kepada desa yang telah memiliki objek wisata yang aktif. Baik dikelola oleh Kelompok Sadar Pariwisata (Pokdarwis) maupun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Setelah mengajukan permohonan bantuan yang dilengkapi dengan laporan, nantinya Dispar Kukar akan berkoordinasi aktif dengan pengelola objek wisata tersebut. Untuk memantau perkembangan objek wisata tersebut.

“Saya berharap pariwisata di Kabupaten Kukar terus meningkat dan memberikan multiplayer efeknya, kemudian bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Adv/Dispar

Print Friendly, PDF & Email