Diskominfo Kukar Jembatan Sebulu Kukar: Siap Menjadi Pintu Gerbang Ekonomi Baru

Jembatan Sebulu Kukar: Siap Menjadi Pintu Gerbang Ekonomi Baru

8
SHARE
Keterangan foto: Dana sebesar Rp203 miliar dari APBD-Murni disiapkan untuk membangun Jembatan Sebulu. (istimewa)

Mediasiutama.com, Tenggarong-Komitmen kuat untuk memajukan infrastruktur dan ekonomi, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara telah mengalokasikan dana pembangunan yang signifikan untuk proyek Jembatan Sebulu. Dana sebesar Rp203 miliar dari APBD-Murni tahun 2024 telah disiapkan untuk memulai proyek strategis ini. Duit itu mencakup perencanaan struktur jembatan, pembebasan lahan, dan pembangunan jalan pendekat.

Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin, menyampaikan harapan besar terhadap proyek ini dalam membawa kemajuan, khususnya dalam memajukan perekonomian di Kecamatan Sebulu. “Kami berada di ambang pembangunan infrastruktur yang akan menjadi kebanggaan dan membawa kemakmuran bagi warga,” ujar Rendi pada Jumat (22/3/2024).

Ia menambahkan bahwa proses pembebasan lahan telah hampir selesai dan peletakan batu pertama diharapkan dapat segera dilakukan. Pemkab Kukar juga telah merencanakan alokasi tambahan sebesar Rp500 miliar untuk pembangunan struktur jembatan itu sendiri.

“Ini menunjukkan komitmen Pemkab Kukar dalam menjadikan pembangunan Jembatan Sebulu sebagai salah satu prioritas utama di tahun 2024, dengan tujuan untuk mengatasi masalah konektivitas yang selama ini menjadi tantangan,” terangnya.

Camat Sebulu, Eddy Fachrudin, menekankan pentingnya jembatan ini dalam memperlancar akses dan memperkuat ekonomi lokal. Saat ini proses lelang proyek telah selesai dan saat ini hanya menunggu klarifikasi lokasi pembangunan.

“Jembatan ini akan menjadi katalis untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih dinamis dan inklusif,” kata Eddy.

Pembangunan Jembatan Sebulu telah lama dinantikan oleh masyarakat setempat, yang selama ini tergantung pada layanan feri untuk menyeberangi sungai dengan tarif yang cukup memberatkan. Dengan adanya jembatan baru, diharapkan biaya transportasi akan berkurang dan ini akan mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Sebulu.

“Selain itu, pembangunan jembatan ini juga diharapkan dapat melancarkan aktivitas warga di Kutai Kartanegara, Kutai Timur, dan Kutai Barat,” imbuhnya.

Lokasi yang strategis di Desa Sebulu Modern, yang berdekatan dengan Sungai Mahakam, dipilih untuk memaksimalkan manfaat jembatan dalam meningkatkan ekonomi daerah. Dengan investasi yang besar dan harapan yang tinggi, pembangunan Jembatan Sebulu diharapkan tidak hanya akan memperkuat infrastruktur tetapi juga akan menjadi simbol kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat Kutai Kartanegara.

“Proyek ini merupakan langkah maju yang berani dan diharapkan akan menjadi tonggak sejarah baru dalam pembangunan infrastruktur di Kukar,” pungkasnya.

(Adv/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email