Diskominfo Kukar DLHK Kukar Luncurkan Armada Canggih untuk Pengelolaan Sampah

DLHK Kukar Luncurkan Armada Canggih untuk Pengelolaan Sampah

6
SHARE

Mediasiutama.com, Tenggarong – Memasuki tahun 2024, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kutai Kartanegara (DLHK Kukar) mengambil langkah progresif dengan memulai distribusi kendaraan operasional pengangkut sampah yang canggih. Inisiatif ini merupakan bagian dari strategi pemerintah daerah untuk meningkatkan standar pengelolaan sampah dan memperkuat infrastruktur kebersihan di seluruh kecamatan.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, DLHK Kukar, Irawan, mengungkapkan bahwa distribusi kendaraan pengangkut sampah ini menyasar sejumlah kecamatan di Kukar, dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan sampah secara lebih efektif. “Pada tahun 2022, kami telah mendistribusikan 13 unit kendaraan pengangkut sampah, dan tahun ini kami akan menambah beberapa unit lagi untuk mendukung kecamatan-kecamatan,” ujar Irawan pada Selasa (26/3/2024).

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara telah menetapkan target agar armada pengangkut sampah ini dapat menjangkau 20 kecamatan. “Kami ingin masalah sampah diselesaikan di tingkat kecamatan, dimana mereka lebih memahami kondisi wilayahnya,” tambah Irawan.

Dalam APBD Perubahan 2023, DLHK Kukar juga telah mengalokasikan dana untuk pengadaan kendaraan pengangkut, pembersih, hingga penyedot sampah. Armada tersebut meliputi 5 unit Dump truck sampah, 4 unit Arm Roll, 5 unit kendaraan Compactor, dan 1 unit kendaraan Road Sweeper, yang sebagian besar diperuntukkan bagi Kecamatan Tenggarong, termasuk mobil penyapu jalan yang digunakan di kawasan jalur protokol.

“Kami telah melakukan uji coba untuk Road Sweeper, dan kendaraan ini tidak kami operasikan setiap hari, tetapi hanya saat kondisi tertentu saja,” jelas Irawan.

Inisiatif DLHK Kukar ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pengelolaan sampah di Kukar, tidak hanya dalam peningkatan kapasitas pengangkutan tetapi juga dalam pemberdayaan kecamatan untuk mengelola sampah secara lebih mandiri. Dengan penambahan armada baru ini, Kukar bergerak maju menuju pengelolaan sampah yang lebih baik, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih dan sehat bagi seluruh masyarakat.

(Adv/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email