Diskominfo Kukar 279 Rumah Ibadah Direvitalisasi, Bukti Komitmen Kepemimpinan Edi-Rendi

279 Rumah Ibadah Direvitalisasi, Bukti Komitmen Kepemimpinan Edi-Rendi

6
SHARE

Mediasiutama.com, Tenggarong- Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) di Kalimantan Timur kian bersinar dengan komitmen kuatnya dalam membangun infrastruktur keagamaan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Hal ini terlihat jelas dari keberhasilan program Revitalisasi Rumah Ibadah yang telah merevitalisasi 279 rumah ibadah sejak diluncurkan beberapa tahun lalu.

Angka ini melampaui target awal yang ditetapkan sebanyak 250 rumah ibadah. Program ini tidak hanya memperbaiki kondisi fisik rumah ibadah, tetapi juga memperkuat fungsi mereka sebagai pusat komunitas dan spiritualitas.

“Tahun ini yang sudah terakomodir sekitar 68 rumah ibadah, dari target RPJMD itu 50 rumah ibadah,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kabupaten Kukar Dendy Irwan Fahriza pada Kamis (28/3/2024).

Bantuan untuk revitalisasi rumah ibadah diberikan dalam bentuk hibah uang dengan nominal bervariasi, mulai dari Rp 100 juta hingga Rp 1 miliar.

Komitmen Pemkab Kukar dalam memajukan infrastruktur keagamaan dan kesejahteraan sosial masyarakatnya tak hanya terlihat dari program Revitalisasi Rumah Ibadah, tetapi juga dari dampak positif Program Kukar Berkah.

Indeks Desa Membangun (IDM) Kukar meningkat menjadi 0,779 pada tahun 2023, naik dari 0,713 pada tahun sebelumnya. Sementara itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 75,30 pada tahun 2023, naik dari 74,06 pada tahun 2021.

Tak ketinggalan, tingkat kebahagiaan masyarakat Kukar juga mengalami peningkatan, tercatat pada angka 73,02 pada tahun yang sama.

Peningkatan indikator kinerja ini disambut antusias oleh masyarakat Kukar. “Sangat penting sekali ketika ada sebuah program yang bagus, harus dilanjutkan dan dilakukan penyempurnaan,” kata Pimpinan Ponpes Miftahul Ulum, Imam Wahyudi.

Program Kukar Berkah telah menjadi simbol kemajuan, persatuan, dan kekuatan komunal di Kukar. Melalui program ini, Bupati Edi Damansyah menunjukkan bahwa visi yang kuat dan komitmen yang tak tergoyahkan dapat menghasilkan perubahan yang berarti bagi masyarakat.

Kini, dengan fondasi yang telah dibangun, Kukar menatap masa depan dengan penuh optimisme. Masyarakatnya yakin bahwa langkah-langkah yang telah diambil akan terus berbuah manis, membawa Kukar menuju era baru pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan.

(Adv/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email