Diskominfo Kukar Bersiap Bangun Homestay Rp1 Miliar, Desa Pela Kukar Kian Menawan

Bersiap Bangun Homestay Rp1 Miliar, Desa Pela Kukar Kian Menawan

7
SHARE

Mediasiutama.com, Tenggarong- Dalam upaya meningkatkan potensi wisata lokal, Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin, mengumumkan alokasi anggaran sebesar Rp 1 miliar untuk pembangunan homestay di Desa Pela, Kecamatan Kota Bangun. Pengumuman ini disampaikan saat kunjungan beliau ke Informasi Center Promosi Wisata Pela.

“Untuk tahun 2024, kami telah mengalokasikan dana sebesar Rp 1 miliar khusus untuk pembangunan sarana prasarana homestay di Desa Pela,” ungkap Rendi Solihin pada Kamis (4/4/2024).

Inisiatif ini diharapkan dapat mendukung pengembangan Desa Pela sebagai destinasi wisata baru yang menarik di Kalimantan Timur. Selama kunjungannya, Rendi Solihin juga menyampaikan kekagumannya terhadap Informasi Center yang menyediakan berbagai materi edukatif tentang pesut Mahakam dan ekosistemnya.

“Penting bagi para wisatawan yang datang ke Pela untuk memahami dan turut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan kita,” tutur Rendi Solihin.

Desa Pela, yang terkenal dengan komunitas nelayan ikan tangkapnya, telah menjadi sorotan setelah dikunjungi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salehuddin Uno. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari peninjauan desa-desa wisata yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2022.

Pesut Mahakam, lumba-lumba air tawar yang menjadi ikon Desa Pela, kini terancam punah dengan populasi yang tersisa tidak lebih dari 70 ekor. Kawasan Wisata Sungai Pela dan Danau Semayang menjadi habitat favorit bagi pesut, yang sering terlihat berkelompok di perairan Muara Kaman dan sekitarnya.

Dengan dukungan pemerintah daerah dan alokasi anggaran yang signifikan, Desa Pela diharapkan dapat berkembang menjadi tujuan wisata yang tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga pengalaman budaya yang autentik melalui interaksi dengan masyarakat lokal dan kegiatan pelestarian lingkungan.

(Adv/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email