Diskominfo Kukar Relawan PMI Kukar Siapkan Diri untuk Arus Mudik-Balik Lebaran

Relawan PMI Kukar Siapkan Diri untuk Arus Mudik-Balik Lebaran

6
SHARE

Mediasiutama.com, Tenggarong-Menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah, Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kutai Kartanegara (Kukar) telah bersiaga di posko mudik dan balik lebaran.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono, mengapresiasi kesiapan relawan PMI Kukar. “Saya bangga dan mengapresiasi eksistensi PMI Kukar dan PMI yang tersebar di 20 kecamatan. Sejak dikukuhkan kepengurusan baru, sudah memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Sunggono pada Kamis (4/4/2024).

Menurut Sunggono, relawan PMI Kukar harus terus meningkatkan kinerja positif dalam membantu masyarakat. “Kami minta kinerja positif tersebut terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan melalui kerja bersama dan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Sunggono juga menekankan pentingnya kesolidan relawan PMI Kukar. “Hal penting yang juga harus dipertahankan adalah kesolidan seluruh relawan PMI yang ada di lapangan, baik solid sesama anggota per kecamatan, antarkecamatan, hingga solid anggota mulai kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga pusat,” katanya.

Dalam menjelang Idul Fitri, Sunggono mengatakan bahwa salah satu kebahagiaan insan adalah bertemu hingga berkumpul dengan keluarga dan sahabat-sahabat terdekat. “Ketika intensitas pemudik tinggi, maka diperlukan relawan untuk membantu, salah satunya adalah PMI,” ujarnya.

Ia menyebut, tingginya jumlah pemudik yang satu sisi dalam suasana gembira, namun di sisi lain bisa berpotensi terjadi masalah selama perjalanan seperti kemacetan, kecelakaan, dan hal yang tidak diinginkan. “Peran relawan sangat berarti untuk membantu mereka,” katanya.

“Untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka PMI Kukar bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan antara lain Polres Kukar, pemerintah daerah, dan instansi lainnya, dapat mendukung kegembiraan masyarakat selama mudik dan balik lebaran,” pungkas Sunggono.

(Adv/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email