Diskominfo Kukar Pantai Biru Kersik Jadi Magnet Wisatawan Selama Libur Lebaran 2024

Pantai Biru Kersik Jadi Magnet Wisatawan Selama Libur Lebaran 2024

6
SHARE

Mediasiutama.com, Tenggarong – Pantai Biru di Desa Kersik, Kecamatan Marang Kayu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), telah menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan selama libur Lebaran tahun 2024. Dengan pemandangan yang memukau dan beragam fasilitas wisata, pantai ini berhasil menarik perhatian pengunjung dari berbagai daerah di Kalimantan Timur.

Jumriana, Anggota Pokdarwis Pantai Biru, mengungkapkan, pengelola pantai mencatat lonjakan kunjungan yang signifikan, terutama selama libur Hari Raya Idulfitri dan cuti bersama pada 13 dan 14 April 2024. Jumlah pengunjung mencapai puncaknya dengan 500 orang dalam satu hari.

“Saat ini sedang ramai pengunjung dari berbagai daerah di Kalimantan Timur,” terangnya pada Senin (15/4/2024).

Biaya masuk ke Pantai Biru juga terjangkau, yaitu Rp 10 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp 30 ribu untuk kendaraan roda empat. Pengunjung dapat menikmati berbagai wahana dan fasilitas wisata, termasuk perlengkapan menyelam atau snorkeling, perahu ketinting, dan wahana air banana boat. Selain itu, fasilitas seperti gazebo dan musola juga tersedia di pantai ini.

Namun, dengan meningkatnya jumlah kunjungan, Jumriana berharap agar Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dapat membantu melengkapi sarana pendukung objek wisata di Desa Kersik. Salah satu permintaannya adalah pembangunan tanggul atau pemecah gelombang di sepanjang bibir pantai. Saat ini, Pantai Biru mengalami abrasi akibat gelombang laut, dan tanggul tersebut diharapkan dapat mencegah kerusakan lebih lanjut.

“Setiap tahun, 5 sampai 10 meter bibir pantai tergerus akibat abrasi, dan pohon yang telah kami tanam di pinggir pantai juga tersapu air laut,” tutup Jumriana.

Dengan keindahan alamnya dan fasilitas yang lengkap, Pantai Biru Kersik terus menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan yang ingin menikmati liburan di Kukar. Semoga upaya pemeliharaan dan pengembangan lebih lanjut akan menjaga keberlanjutan pesona Pantai Biru bagi generasi mendatang.

(Adv/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email