Diskominfo Kukar Pesona Danau Semayang Kukar, Magnet Ribuan Wisatawan saat Lebaran

Pesona Danau Semayang Kukar, Magnet Ribuan Wisatawan saat Lebaran

6
SHARE

Mediasiutama.com, Tenggarong – Menyusuri keindahan Danau Semayang di Desa Semayang, Kecamatan Kenohan, menjadi agenda wajib bagi ribuan wisatawan yang memanfaatkan libur Lebaran untuk berwisata. Danau yang terhampar luas ini menawarkan panorama matahari terbenam yang begitu mempesona, menjadi magnet yang kuat bagi pengunjung yang datang dari berbagai penjuru.

Mariatul Husna, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dikmalestari Desa Semayang, mengungkapkan kegembiraannya atas antusiasme yang ditunjukkan oleh para pengunjung. Ini merupakan respons positif, menandakan bahwa Danau Semayang telah menjadi destinasi favorit selama musim liburan.

“Kami menyambut sekitar 500 pengunjung setiap hari, dan kebanyakan dari mereka datang dari luar daerah,” ujarnya pada Senin (15/4/2024).

Pokdarwis Dikmalestari telah menyiapkan berbagai paket wisata untuk memanjakan para pengunjung. Dengan biaya Rp 20 ribu per orang, wisatawan dapat menikmati kegiatan susur danau yang menenangkan. Setiap perahu yang disediakan dapat menampung hingga 12 orang, memungkinkan kelompok besar untuk menikmati keindahan danau bersama-sama.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Danau Semayang dari ketinggian melalui homestay yang tersedia. Dengan tarif masuk hanya Rp 3 ribu per orang, pengunjung diberi kesempatan untuk mengabadikan momen indah atau sekadar bersantai bersama keluarga di atas penginapan yang menghadap langsung ke danau.

Namun, di balik keindahan dan keseruan yang ditawarkan, terdapat kekhawatiran akan dampak lingkungan yang mungkin terjadi. Mariatul Husna menyampaikan pentingnya menjaga kelestarian danau. “Kami berharap pemerintah dapat memberikan perhatian lebih pada pelestarian danau ini, agar keindahannya dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang,” imbuhnya.

Danau Semayang tidak hanya menjadi tempat rekreasi, tetapi juga simbol dari kekayaan alam Kalimantan Timur yang harus dijaga. Dengan upaya yang tepat, danau ini diharapkan dapat terus menjadi destinasi wisata yang berkelanjutan dan semakin menarik bagi wisatawan lokal maupun internasional.

Dengan pesona alam yang memikat dan fasilitas yang memadai, Danau Semayang siap menyambut lebih banyak pengunjung di masa mendatang. Semoga dengan adanya dukungan dari pemerintah setempat, Danau Semayang dapat terus mempertahankan keindahannya dan menjadi salah satu ikon wisata di Kalimantan Timur yang membanggakan.

(Adv/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email