Diskominfo Kukar Kukar Kembangkan Jam Bentong Jadi Museum Digital

Kukar Kembangkan Jam Bentong Jadi Museum Digital

6
SHARE

Mediasiutama.com, Tenggarong- Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) mengambil langkah besar untuk mengembangkan potensi wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara. Salah satu langkahnya adalah dengan menjadikan Jam Bentong sebagai Museum Digital yang akan menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kukar.

Jam Bentong, yang terletak di antara sisi Menara Tuah Himba, Taman Kota Raja, serta Jembatan Kutai Kartanegara, telah menjadi pusat informasi tempat pariwisata Kukar sejak tahun 2017-2019. Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, Triyatma, mengungkapkan bahwa rencana ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik Kukar sebagai destinasi wisata.

“Kami ingin membuat Jam Bentong menjadi lebih menarik dan berbeda dari sebelumnya,” ujarnya pada Kamis (18/4/2024). “Dengan menjadikan Jam Bentong sebagai Museum Digital, kami berharap dapat meningkatkan minat masyarakat untuk datang ke Kukar.”

Selain itu, Dispar Kukar juga berencana memanfaatkan ruangan yang berada di bawah jembatan sebagai Museum Jembatan. “Di bawah Jembatan kan ada ruangan, itu rencananya juga menjadi Museum Jembatan , jadi ada informasi tentang peristiwa jembatan runtuh dahulu,” jelasnya.

Triyatma berharap, dengan rencana pengembangan tersebut, Jam Bentong mampu menjadi tempat wisata yang menarik minat masyarakat untuk datang ke Kukar. Pembangunan Museum Digital serta Museum Jembatan juga dapat meningkatkan pendapatan daerah dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

(Adv/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email