Diskominfo Kukar Kukar Gelorakan Reforma Agraria, Siapkan Basis Data Lima Tahun ke Depan

Kukar Gelorakan Reforma Agraria, Siapkan Basis Data Lima Tahun ke Depan

6
SHARE

Mediasiutama.com, Tenggarong- Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menggaungkan semangat reforma agraria. Komitmen ini ditegaskan dalam agenda Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional yang diadakan pada Rabu (24/4/2024).

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar, Akhmad Taufik Hidayat, bersama Kepala ATR/BPN Kukar, Aag Nugraha, mewakili daerahnya dalam agenda tersebut. Di hadapan para pemangku kepentingan, mereka menegaskan kesiapan Kukar untuk mendukung program strategis nasional ini.

“Reforma agraria bukan sekadar program pemerintah, tetapi upaya bersama untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat,” jelas Taufik.

Lebih lanjut, Taufik menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antar pihak dalam mensukseskan program ini. “Diperlukan strategi pelaksanaan reforma agraria yang berkeadilan, berkelanjutan, partisipatif, transparan, dan akuntabel,” imbuhnya.

Komitmen Kukar dalam reforma agraria diperkuat dengan partisipasi aktif dalam ikrar bersama yang dilakukan bersama daerah lain di seluruh Indonesia. Ikrar ini menjadi simbol tekad bersama untuk mewujudkan cita-cita reforma agraria demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Membangun Basis Data Reforma Agraria 2025-2029

Direktur Jenderal Penataan Agraria Kementerian ATR/BPN, Dalu Agung Darmawan, menjelaskan bahwa agenda Gerakan Sinergi Reforma Agraria bertujuan untuk menyinkronkan kegiatan penataan aset dan akses, serta mendorong potensi usaha kegiatan penataan akses di seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Sebagai langkah strategis, Kementerian ATR/BPN akan menyusun baseline untuk Reforma Agraria di tahun 2025-2029. Pada tahun 2024, fokusnya adalah membangun reforma agraria dengan basis data di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) terakhir.

“Basis data itu akan kita jadikan database untuk melihat ke mana arah reforma agraria di tahun depan pada pemerintahan yang baru,” jelas Darmawan.

Lebih lanjut, Darmawan menuturkan bahwa Gerakan Sinergi Reforma Agraria pada tahun ini lebih difokuskan pada kegiatan-kegiatan yang bernuansa pada penataan akses.

Kukar telah menunjukkan berbagai upaya nyata dalam mendukung reforma agraria, di antaranya yakni, membentuk petugas pemberdayaan masyarakat (P2M) untuk membantu petani dalam mengakses tanah dan permodalan, melakukan legalisasi aset tanah transmigrasi, menyelesaikan konflik agraria yang ada di wilayah kukar, serta memberikan pelatihan dan pendampingan kepada petani agar dapat memanfaatkan tanah mereka dengan optimal.

(Adv/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email