Dispar Kukar Desa Wisata Pela di Kukar: Berkembang Berkat Kolaborasi dan Inovasi

Desa Wisata Pela di Kukar: Berkembang Berkat Kolaborasi dan Inovasi

6
SHARE

Mediasiutama,TENGGARONG – Desa Wisata Pela, yang terletak di Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), terus menunjukkan perkembangan signifikan dalam peningkatan fasilitas dan infrastruktur. Desa ini telah berhasil meraih berbagai penghargaan prestisius hingga tingkat nasional, termasuk posisi 15 besar dalam Lomba Desa Wisata Nusantara 2023, menonjol di antara 2.007 desa peserta dari seluruh Indonesia.

Alimin, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pela, menekankan pentingnya sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kukar.

“Kami menyadari bahwa untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, dukungan dari Pemkab Kukar adalah kunci. Oleh karena itu, kami terus mengajukan proposal untuk memastikan bahwa sarana dan prasarana yang kami miliki dapat terus ditingkatkan,” ujar Alimin, Sabtu (27/4/2024).

Pada tahun ini, Desa Wisata Pela telah mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 1 miliar dari Pemkab Kukar. Anggaran tersebut dialokasikan untuk pembangunan jalan sepanjang 400 meter yang akan mempermudah akses menuju lokasi wisata.

Selain itu, rencana pembangunan gerbang selamat datang dan gazebo juga telah disiapkan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Kunjungan Wakil Bupati Kukar ke Desa Pela baru-baru ini menjadi momentum penting.

“Kami memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menyampaikan rencana dan kebutuhan kami secara langsung. Respons positif yang kami terima menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan desa wisata,” tambah Alimin.

Desa Wisata Pela terus berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan kualitas fasilitas yang ada. Dengan dukungan yang kuat dari pemerintah dan kerja sama yang efektif antara Pokdarwis dan Pemkab Kukar, Desa Wisata Pela bertransformasi menjadi destinasi wisata yang tidak hanya layak dikunjungi, tetapi juga menjadi contoh nyata dari kemajuan pariwisata berkelanjutan di Indonesia.

Dengan langkah-langkah inovatif dan kolaboratif ini, Desa Wisata Pela diharapkan akan terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat serta menarik lebih banyak wisatawan, baik domestik maupun internasional.

Adv/Dispar kukar

Print Friendly, PDF & Email