Diskominfo Kukar Penyusunan APBDes Kunci Kesuksesan Pembangunan Desa di Loa Janan

Penyusunan APBDes Kunci Kesuksesan Pembangunan Desa di Loa Janan

6
SHARE

Mediasiutama.com, Tenggarong – Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, telah mencatat prestasi berarti dengan menyelesaikan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk delapan desa di wilayahnya. Penyelesaian APBDes ini diharapkan memungkinkan desa-desa di Loa Janan untuk mengikuti jadwal yang telah ditetapkan, terutama dalam hal penyusunan dan pencairan dana pada triwulan pertama tahun ini.

“Kami bersyukur karena semua desa di Loa Janan telah menuntaskan APBDes mereka dengan tepat waktu,” ujar Camat Loa Janan, Hery Rusnadi, pada Senin (29/4/2024).

Penyusunan APBDes yang tepat waktu ini diharapkan memungkinkan desa-desa di Loa Janan untuk melaksanakan rencana pembangunan dan pelayanan masyarakat dengan efektif. “Penetapan APBDes yang sesuai jadwal memungkinkan desa-desa melaksanakan rencana pembangunan dan pelayanan masyarakat dengan efektif,” lanjut Hery.

Hery menekankan pentingnya peran aktif dari seluruh perangkat desa, termasuk RT dan posyandu, dalam mendukung operasional desa. “Keterlibatan mereka sangat krusial untuk memastikan bahwa pelayanan dan pembangunan di desa dapat berjalan lancar,” tegasnya.

APBDes memiliki peran sentral sebagai instrumen kunci dalam memastikan kelancaran pelayanan dan pembangunan di desa sesuai dengan rencana yang telah disusun. Dengan penyusunan APBDes yang tepat waktu, program-program desa diharapkan dapat dilaksanakan tanpa hambatan.

Hery menegaskan pentingnya menjaga ketepatan waktu dalam pelaksanaan APBDes, yang merupakan bagian dari siklus berkelanjutan dalam pengelolaan anggaran desa dan harus sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“Kami optimis langkah selanjutnya, termasuk penyusunan APBD untuk tahun 2025, akan berjalan dengan lancar,” pungkasnya dengan optimisme.

Dengan pencapaian ini, Loa Janan diharapkan dapat menjadi contoh bagi kecamatan lain di Kutai Kartanegara dalam hal penyusunan APBDes yang efisien. Komitmen dan kerjasama dari semua pihak diharapkan akan terus mendorong peningkatan kualitas pelayanan dan pembangunan di desa-desa Kukar.

(Adv/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email