Advertorial Sunggono Sekda Kukar, Harap Masyarakat Kabupaten Kukar Waspada Terhadap Karhutla

Sunggono Sekda Kukar, Harap Masyarakat Kabupaten Kukar Waspada Terhadap Karhutla

101
SHARE
Sekda Kutai Kartanegara himbau masyarakat untuk waspada terhadap kebakaran hutan dan lahan.

Mediasiutama.com, Kukar – Sekertaris Daerah (Sekda) Kutai Katanegara (Kukar) Sunggono, berikan himabuan terhadap masyarakat Khusus wilayah Kabupaten Kukar agar bisa terus antisipasi terhadap Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla).

Kemarau yang bekerpanjangan menyebabkan sisi negatif yang menyebabkan banyak terjadinya Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) di berbagai daerah Khususnya wilayah Kabuten Kukar.

Menurut rincian data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), terdapat 127 Titik panas di Kabupaten Kukar.

“Kita terus memantau bersama BMKG titik titik panas hotspot yang ada di kukar bisa kita antisipasi, bisa kita prediksi kemungkinan penangannya, bersama semua komponen yang ada di lapangan” ucap Sunggono pada, Jumad (06/10/2023).

Dirinya menuturkan, dalam hasil laporan saat ini, titik-titik panas bisa ditanggulangi dan hingga saat ini semua dapat teratasi dengan baik.

Lanjut dirinya mengatakan, terkhusus masyarakat Kota Tenggarong, jangan sampai membakar hutan dan lahan sembarangan. Hal tersebut termasuk pelanggaran yang dapat dipidanakan, jika kebakaran hutan meluas dan tak terkendali.

“Membakar hutan dan lahan lagi karna itu akan menjadi sebab buruk termasuk juga akan bisa terancam pidana kalau sampai meluas dan tidak bisa dikendalikan” ungkapnya.

Di sisi lain, Sunggono mengatakan terlebih untuk masyarakat lahan gambut, seperti Muara Kaman dan Sebulu agar tetap bersiaga untuk pastikan aktivitas masyarakat wilayah tersebut bisa dikendalikan.

“kita pantau melalui pak camat, pak kades dan masyarakat yang ada di lapangan termasuk masyarakat peduli api” Pungkasnya. (ADV/Kominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email