Advertorial Bupati Kukar Minta Generasi Muda Melek Terhadap Sektor Pertanian

Bupati Kukar Minta Generasi Muda Melek Terhadap Sektor Pertanian

45
SHARE
Bupati Kukar himbau generasi muda untuk melek terhadap sektor pertanian.

Mediasiutama.com, Kukar – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah terus menghimbau generasi muda, agar menaruh atensi lebih terhadap sektor pertanian, melalui program Pemerintah Kabupaten Kukar “Petani Milenial”.

Kegiatan bertani biasanya identik dengan pekerjaan yang dilakukan oleh kalangan dewasa ataupun tua. Namun saat ini, Kabupaten Kukar telah memiliki gerakan pembangkit sektor pertanian yang sangat membanggakan. Yakni, kelompok petani milenial.

Bupati Kukar Edi Damansyah, telah membentuk beberapa kelompok petani milenial dibeberapa Kecamatan yang berada di Kukar.

Hal ini memiliki tujuan tersendiri, yaitu untuk mendidik generasi muda agar dapat berpartisipasi langsung di sektor pertanian.

Sebagai contoh, tedapat dua kelompok petani milenial yang telah hadir di Kukar. Kelompok Tani Joglo Langit di Samboja dam Kelompok Tani Pemuda Pelopor di Muara Jawa.

“Kita ingin menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan, oleh karena itu perlu adanya pola pikir baru, ide kreatif dan inovasi , guna membantu petani meningkatkan produktivitas pertanian dengan cara berkelanjutan”, ungkap Bupati Kukar pada Sabtu (14/10/2023).

Edi Damansyah menambahkan bahwa, giat pertanian di era moderen ini bisa disesuaikan tata caranya dengan memanfaatkan teknologi yang serba canggih di masa kini.

“Misalkan mau nyemprot ‘kan bisa pakai drone. Pembukaan lahan juga harus memakai drone, semua identik dengan teknologi sudah berbasis manajemen, bukan lagi basah-basahan dan berlumpur,” ujarnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kukar itu mengajak generasi muda untuk menaruh minat serta atensi lebih pada sektor pertanian.

“Pertanian itu memang harus ditangani anak muda, bukan lagi mengharapkan orang-orang tua yang terjun ke lapangan,” tutur Bupati Kukar. (Adv/Kominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email