Advertorial Desa Loa Duri Ulu Tingkatkan Kualitas Pelayanan Melalui Aplikasi Sidabusu

Desa Loa Duri Ulu Tingkatkan Kualitas Pelayanan Melalui Aplikasi Sidabusu

32
SHARE
ekretaris Desa (Sekdes) Loa Duri Ulu, Dewa Tri Arinda.

Mediasiutama.com, Kukar – Guna menunjang pelayanan masyarakat dan sangat mempermudah warga di era moderenisasi, Desa Loa Duri Ulu terapkan digitalisasi pelayanan publik melalui Aplikasi Sidabusu, hal ini dijelaskan langsung oleh Sekertaris Desa Loa Duri Ulu Dewa Tri Arinda.

Aplikasi web ini, bernama “Sidabusu” atau “Aplikasi Desa Pelayanan Umum Untuk Semua Usia”. Kemudahan ini, dirancang untuk memberikan pelayanan kepada warga desa dengan lebih efisien dan cepat. Aplikasi tersebut dapat diakses melalui website resmi Desa Loa Duri Ulu.

Menurut Sekertaris Desa Loa Duri Ulu Dewa Tri Arinda menjelaskan, aplikasi ini bukan hanya sekadar alat teknologi, tetapi juga sebagai upaya untuk meningkatkan tingkat literasi teknologi di kalangan masyarakat desa. Dengan Sidabusu, warga desa akan lebih melek terhadap teknologi, memungkinkan mereka untuk mendapatkan informasi dan layanan yang mereka butuhkan dengan mudah.

“Segala pelayanan masyarakat desa ini, jika bisa dipercepat dan dipermudah, kenapa tidak?” Ungkapnya kepada awak media, pada Kamis (26/10/2023).

Aplikasi ini akan membantu dalam mengoptimalkan layanan publik, mulai dari administrasi hingga penyediaan informasi penting.

Sekertaris Desa Loa Duri Ulu juga mengungkapkan bahwa, mereka baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), atas keberhasilan mereka dalam menerapkan aplikasi ini. Ini menandai komitmen desa dalam mengikuti tren digitalisasi yang tengah berkembang di seluruh Kabupaten.

Selain itu, Pemerintah Desa Loa Duri Ulu juga berusaha untuk terus melakukan perbaikan pada aplikasi dan infrastruktur pendukung.

“Setiap tahun, kita akan melakukan pembenahan, seperti masalah server, dan kurangnya edukasi lebih terhadap masyarakat atas pemakaian website desa. Akan tetapi, kami terus mensosialisasikan secara terus-menerus kepada masyarakat dengan cara, memiliki anjungan mandiri yang tersedia di Kantor Desa kami,” ujarnya lebih lanjut.

Keberhasilan digitalisasi ini, juga tercermin pada Indeks Desa Membangun (IDM), dimana Desa Loa Duri Ulu telah masuk dalam predikat “Desa Maju”. Hal ini menunjukkan komitmen Pemerintah Desa, dalam meningkatkan kualitas hidup warga desa melalui teknologi modern.

Dengan aplikasi website seperti Sidabusu, Desa Loa Duri Ulu memberikan contoh inspiratif tentang bagaimana teknologi dapat digunakan untuk memberikan layanan publik yang lebih baik dan memajukan desa menuju masa depan yang lebih cerah. (Adv/Kominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email