Advertorial Dorong UMKM Kaltim Berinovasi, Komisi IV DPRD Minta Perhatian Pemerintah

Dorong UMKM Kaltim Berinovasi, Komisi IV DPRD Minta Perhatian Pemerintah

31
SHARE
Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya'qub

Mediasiutama.com, Samarinda – Komisi IV DPRD Kaltim berharap UMKM di Kaltim terus mendapatkan perhatian agar bisa melebarkan sayapnya. Sebab, kehadiran UMKM berpengaruh terhadap roda perekonomian daerah.

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya’qub, mengatakan bahwa UMKM di Kaltim harus membuat inovasi. Namun, perlu dukungan dari pemerintah agar inovasi yang dihasilkan juga bisa lebih baik.

“Saya mendorong dan mendukung pemerintah agar UMKM di Kaltim menjadi pionir dan fondasi pengembangan ekonomi kreatif,” ungkap Rusman.

Rusman menyebut, ada beberapa aspek yang harus jadi perhatian untuk sektor UMKM. Misalnya, manajemen pemasaran, transportasi, sampai sertifikasi produk.

“Sertifikasi produk itu penting agar UMKM bisa bersaing di pasar nasional maupun internasional,” tambah politisi dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Salah satu bagian paling penting adalah transformasi UMKM dari sisi manajemen pemasaran. Menurut Rusman, jika hal tersebut dikelola dengan baik, maka UMKM bisa mencapai tujuan untuk promosi produk yang lebih efektif dan efisien.

“Aspek transportasi itu juga penting, agar UMKM bisa mengirimkan produk mereka dengan cepat dan murah,” ujar dia.

Dalam hal ini, Rusman terus mendorong pelaku UMKM untuk berperan aktif dan kreatif dalam membuat produk yang menarik. Di satu sisi, dia juga mengapresiasi kinerja dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kaltim yang sudah memberi pembinaan dan bantuan untuk UMKM.

“Saya berharap pelaku UMKM Kaltim bisa mengambil peluang dari penyelenggaraan hajatan nasional seperti Pra-kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 dan Prakualifikasi Popnas 2025,” pungkasnya. (Adv/DPRD KALTIM)

Print Friendly, PDF & Email