Advertorial Pemerintah Kelurahan Maluhu Luncurkan Program Sitajam Guna Tingkatkan Kedekatan dengan Masyarakat

Pemerintah Kelurahan Maluhu Luncurkan Program Sitajam Guna Tingkatkan Kedekatan dengan Masyarakat

34
SHARE
Pemerintah Kelurahan Mahulu luncurkan program Silaturahmi Satu Jam (Sitajam) guna memperkuat silaturahmi dengan masyarakat.

Mediasiutama.com, Kukar – Pemerintah Kelurahan Maluhu, telah meluncurkan program inovatif yang dikenal sebagai “Silaturahmi Satu Jam” atau disingkat “Sitajam”, dalam upaya untuk memperkuat hubungan silaturahmi dengan masyarakat.

Program ini, dilaksanakan secara rutin oleh Pemerintah Maluhu yang mendatangi lingkungan masyarakat setiap harinya.

Lurah Maluhu Tri Joko Kuncoro, menjelaskan bahwa tujuan utama dari peluncuran program ini, adalah untuk meningkatkan kedekatan, dan hubungan antara Pemerintah Kelurahan Maluhu dengan warganya.

Ia menekankan bahwa setiap hari, setidaknya selama satu jam, petugas pemerintah akan mengunjungi warga di berbagai lingkungan.

“Pihak kelurahan dalam setiap hari, minimal kami satu jam keliling mendatangi dan menyambangi warga,” ungkap Lurah Maluhu Tri Joko Kuncoro pada Senin (30/10/2023).

Selain berfungsi sebagai ajang silaturahmi, program Sitajam juga dirancang untuk membuka jalur komunikasi yang lebih baik antara warga dan pemerintah.

Tri Joko menjelaskan bahwa melalui program ini, mereka dapat menerima masukan dan saran dari masyarakat tentang berbagai masalah yang mereka hadapi.

Melalui hasil program ini, Pemerintah Kelurahan Maluhu menemukan bahwa masih ada dua rumah di Maluhu yang masih menggunakan jamban sungai untuk keperluan Mandi, Cuci, Kakus (MCK).

“Lewat program sitajam ini, kami pihak kelurahan menemuka, masih ada dua warga kami, di Maluhu yang beraktifitas menggunakan jamban sungai,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa penggunaan jamban sungai tidak sesuai dengan standar kesehatan dan berpotensi menjadi sumber penyakit di lingkungan masyarakat.

Oleh karena itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kukar, untuk memberikan bantuan kepada warga yang masih menggunakan jamban sungai.

“Sudah diusulkan sanitasi ke Disperkim Kukar dan insyaallah tahun depan akan di kerjakan,” tandasnya.

Selain itu, Pemerintah Kelurahan Maluhu bersama-sama dengan masyarakat setempat telah bergotong-royong memberikan bantuan dalam pembangunan Water Closet (WC) untuk dua keluarga yang masih menggunakan jamban sungai.

“Ini dilakukan agar rumah mereka, menjadi lebih layak dan untuk menjaga kebersihan lingkungan,” pungkasnya.

Program Silaturahmi Satu Jam (Sitajam) adalah langkah yang positif, yang diambil oleh Pemerintah Kelurahan Maluhu untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, mendengarkan keluhan dan masukan mereka, serta meningkatkan kesejahteraan warga di wilayah tersebut. (Adv/Kominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email