Advertorial DPRD Kaltim Dorong UMKM Manfaatkan E-Katalog untuk Pasarkan Produk dan Jasa

DPRD Kaltim Dorong UMKM Manfaatkan E-Katalog untuk Pasarkan Produk dan Jasa

29
SHARE
Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Encik Wardani

Mediasiutama.com, Samarinda – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mendaftarkan produk dan jasa mereka ke dalam Katalog Elektronik (e-Katalog). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan dan pemberdayaan UMKM di Kaltim.

Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Encik Wardani, mengapresiasi langkah Pemprov Kaltim melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop) yang mendorong penggunaan e-Katalog bagi UMKM. Dia mengatakan, e-Katalog adalah salah satu cara belanja pemerintah yang wajib dan penting.

“E-Katalog itu bisa memudahkan UMKM untuk menawarkan produk dan jasa mereka kepada pemerintah. Sehingga, mereka bisa mendapatkan peluang pasar yang lebih luas,” kata Encik.

Encik, yang berasal dari Fraksi PKS, menilai, banyak UMKM yang belum memahami cara penggunaan e-Katalog. Dia mengatakan, hal ini menjadi tantangan bagi Pemprov Kaltim untuk lebih memasifkan sosialisasi dan pelatihan e-Katalog bagi UMKM.

“UMKM harus diberi bimbingan dan fasilitas untuk mendaftarkan produk dan jasa mereka ke e-Katalog. Jangan sampai ada kesulitan teknis atau administratif yang menghambat mereka,” ujar Encik.

Encik berharap, dengan penggunaan e-Katalog, UMKM di Kaltim bisa lebih berkembang dan berdaya saing. Dia mengatakan, hal ini juga sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan UMKM.

“Kami minta Pemprov Kaltim terus mendukung UMKM dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan e-Katalog yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah,” tegas Encik. (Adv/DPRD KALTIM)

Print Friendly, PDF & Email