Advertorial Pemerintah Desa Perjiwa Fokus Majukan Pertanian, Perikanan, dan Pendidikan

Pemerintah Desa Perjiwa Fokus Majukan Pertanian, Perikanan, dan Pendidikan

40
SHARE
Ilustrasi sektor Perikanan.

Mediasiutama.com, Kukar – Desa Perjiwa, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), tengah menggeliat dalam upaya meningkatkan sektor pertanian, perikanan, dan pendidikan untuk memajukan desa serta meningkatkan kesejahteraan warganya.

Kepala Desa (Kades) Perjiwa, Erik Nurwahyudi, menyoroti potensi besar dalam pertanian dan perikanan yang perlu ditingkatkan, yang berguna tingkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Dia juga mengungkapkan, Dengan 50 hektar lahan pertanian sawah yang dikelola oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), terdiri dari 5 kelompok tani, hasil produksi seperti gabah padi menjadi sumber penghasilan masyarakat.

“Di desa kami (Desa Perjiwa), memiliki lahan pertanian yang sangat luas, sekitaran 50 hektar, para petani disini memanfaatkan gabah untuk mereka jual sehingga menjadikan penghasilan bagi para petani,” ucap Kades Perjiwa, Erik Nurwahyudi pada saat diwawancarai awak media pada, Jumat (10/11/2023).

Sementara itu, Erik mengatakan, pada sektor perikanan, Desa Perjiwa, telah memanfaatkan Sungai Mahakam untuk budidaya ikan dalam keramba. Terdapat 5 kelompok perikanan telah menerima bantuan berupa keramba, pakan, dan bibit ikan dari pemerintah.

“kelompok perikanan sudah ada mendapatkan bantuan, seperti keramba, pakan, bibit ikan dari aspirasi dewan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar” katanya.

Namun, disisi lain, dengan kekayaan alam yang dimiliki Desa Perjiwa, tak menjadi patokan sistem pendidikan disana berjalan dengan baik-baik saja, dan banyaknya warga Desa tersebut yang putus sekolah.

Dengan Demikian, Erik mengatakan, Pemerintah Desa (Pemdes) Perjiwa, berencana meluncurkan program kejar paket pendidikan untuk memberikan peluang kepada mereka yang ingin melanjutkan pendidikan. Dengan harapan program ini dapat meningkatkan peluang kerja dan memberikan ijazah pendidikan yang diperlukan.

“Kami Pemerintah Desa berharap bahwa melalui upaya ini pendidikan di desa dapat terus berkembang dan memberikan kesempatan kepada warga untuk memperoleh ijazah pendidikan yang diperlukan dalam dunia kerja.” pungkasnya. (Adv/Kominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email