DPMD Kukar Iringin Bupati Edi Damansyah, DPMD Lantik Pengurus KTNA Loa Janan, Dorong Petani...

Iringin Bupati Edi Damansyah, DPMD Lantik Pengurus KTNA Loa Janan, Dorong Petani Muda Milenial

15
SHARE

Mediasiutama.com, Tenggarong – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melantik pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Loa Janan yang diketuai oleh Adi Sucipto, Kamis (11/1/2024). Acara pelantikan ini dihadiri oleh Kepala Dinas PMD Kukar Arianto, S.Sos.,M.Si serta beberapa kepala OPD lainnya.

Dalam arahannya, Edi Damansyah menekankan pentingnya data yang akurat untuk mendukung kemajuan sektor pertanian dan perikanan di Loa Janan.

“Harapan saya selalu update/perbaharui data petani, kelompok petani dan data juga anggota kelompok,” kata Edi. “Data haruslah disesuaikan antara yang dicatat di kertas dan sesuai kenyataan di lapangan.”.

Edi juga meminta pendataan tidak hanya mencakup kelompok dan anggotanya, tetapi juga luasan lahan dan fasilitas yang dimiliki petani dan nelayan.

“Data itu sangat penting dan melakukan update data itu yang paling utama karena saat ini semua berbasis data,” tegasnya.

Edi berharap KTNA dapat menjadi mitra strategis pemerintah daerah dalam memberikan solusi cerdas dan meningkatkan peranannya di masa kini dan masa depan.

Sebelumnya, Edi dipanggil khusus oleh Menteri Pertanian RI bersama Pj. Gubernur Kalimantan Timur untuk membahas dukungan Kementerian Pertanian dalam mendorong Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai salah satu lumbung pangan nasional, termasuk lumbung pangan Ibu Kota Negara (IKN Nusantara).

“Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan bantuan, dukungan dan kerjasama Pengurus dan Anggota KTNA untuk mewujudkan Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi salah satu lumbung pangan nasional sesuai ketetapan Kementerian Pertanian,” ujar Edi.

Loa Janan memiliki potensi besar dalam sektor pertanian dan perikanan. Kecamatan ini memiliki lahan pertanian yang luas dan subur, serta sumber daya air yang melimpah.

Dengan dukungan pemerintah daerah, KTNA, dan seluruh stakeholder terkait, Loa Janan diharapkan dapat menjadi salah satu lumbung pangan utama di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Adv/DPMD Kukar

Print Friendly, PDF & Email