DPRD Kota Samarinda Masyarakat Diminta Terapkan PHBS untuk Antisipasi DBD di Musim Hujan

Masyarakat Diminta Terapkan PHBS untuk Antisipasi DBD di Musim Hujan

22
SHARE
Sri Puji Astuti di Wawancarai. (Istimewa)

Mediasiutama.com, Samarinda – Musim hujan membawa dampak negatif bagi kesehatan masyarakat Samarinda. Salah satunya adalah meningkatnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk ini suka hidup di tempat-tempat yang berair, seperti genangan air.

Anggota DPRD Samarinda dari Komisi IV Sri Puji Astuti mengimbau masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai langkah antisipasi DBD. Ia mengatakan, PHBS adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit yang kerap timbul di musim hujan.

“Kalau bicara tentang kesehatan, yang paling penting sekarang adalah mencegah. Misalnya kalau DBD itu 5M dilaksanakan, fogging, padahal tidak efektif tapi tetap dilaksanakan. Justru yang paling penting itu PHBS-nya dijalankan,” ungkapnya, Senin 5 Februari 2024.

Ia menjelaskan, salah satu contoh PHBS yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan lingkungan secara rutin. Ia menginformasikan, pemerintah telah menganggarkan dana Probebaya yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melaksanakan kegiatan pembersihan di wilayahnya masing-masing dua kali dalam sebulan.

Ia juga mengharapkan, media massa baik cetak maupun online dapat mendukung upaya sosialisasi PHBS kepada masyarakat.

“Termasuk mungkin media untuk datang ke dinas kesehatan atau ke Puskesmas, kira-kira bisa gak untuk selebarannya ini bisa ditampilkan ke medianya,” ucapnya.

Print Friendly, PDF & Email