DPRD Kota Samarinda Kendala Transportasi dan Informasi, Faktor Penyebab Golput Pemilih Lansia di Samarinda

Kendala Transportasi dan Informasi, Faktor Penyebab Golput Pemilih Lansia di Samarinda

24
SHARE
Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda, Subandi di Wawancarai. (Istimewa)

mediasiutama.com, Samarinda – Pemilu 2024 merupakan hak dan kewajiban bagi setiap warga negara untuk ikut menentukan arah pembangunan negara. Namun, ada sebagian warga negara yang sulit untuk menggunakan hak pilihnya, yaitu para pemilih lanjut usia (Lansia).

Wakil Ketua DPRD Samarinda Subandi menjelaskan, salah satu kendala yang dihadapi oleh pemilih lansia adalah transportasi. Banyak pemilih lansia yang tinggal di wilayah yang terisolasi atau tidak terjangkau.

“Selain itu pemilih lansia juga kadang mengalami kesulitan dalam mengakses informasi tentang pemilu yang mempengaruhi tingginya angka golput pemilih lansia”, papar Subandi, pada Kamis (8/2/2024).

Subandi, yang juga anggota Partai Keadilan Sejahtera (PKS), meminta KPU dan pemerintah daerah untuk bekerja sama dalam menyediakan transportasi yang memadai bagi pemilih lansia.

“Karena kita ingin angka golput di Samarinda pada Pemilu 2024 dapat turun, maka semua pihak harus bekerja sama untuk meningkatkan partisipasi pemilih lansia”, katanya.

Subandi juga menginginkan partai politik dapat lebih aktif dalam mengajak pemilih lansia untuk berpartisipasi dalam pemilu. Partai politik dapat melakukan sosialisasi pemilu di komunitas-komunitas lansia.

Print Friendly, PDF & Email