Diskominfo Kukar DiskopUKM Kukar Fokus Tingkatkan UMKM Melalui Program Pembinaan Wirausaha

DiskopUKM Kukar Fokus Tingkatkan UMKM Melalui Program Pembinaan Wirausaha

10
SHARE
Dinas Koperasi dan Usaha Kecil, Menengah (DiskopUKM) Kabupaten Kutai Kartanegara punya program untuk meningkatkan kapasitas UMKM. (kontributor)

Mediasiutama.com, Tenggarong – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil, Menengah (DiskopUKM) Kabupaten Kutai Kartanegara mengambil langkah strategis dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui program Pembinaan Wirausaha Baru.

Inisiatif ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas dan kualitas UMKM, sekaligus meningkatkan pemberdayaan ekonomi lokal. Sekretaris DiskopUKM Kukar, Taufiq, menekankan pentingnya program ini dalam mendorong kreativitas dan kemandirian pelaku usaha.

“Kami ingin mereka tidak hanya bertahan di pasar, tetapi juga berkembang dan berinovasi,” ujar Taufiq pada Kamis (14/3/2024).

Program ini mencakup serangkaian kegiatan pelatihan, mulai dari manajerial hingga pemasaran online, serta penyediaan akses permodalan. Tujuannya adalah untuk menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi UMKM. Selain itu, DiskopUKM Kukar juga telah mengimplementasikan program Produksi Industri Rumah Tangga, yang meliputi pelatihan teknis dan pendampingan pemasaran.

“Pelaku UMKM akan dibekali dengan pengetahuan tentang strategi manajemen bisnis yang efektif, pemilihan bahan baku berkualitas, dan pengembangan desain produk yang dapat bersaing di pasar,” terang Taufiq.

Dia menambahkan, sejalan dengan tren digitalisasi, DiskopUKM Kukar juga memfasilitasi pembinaan untuk masuk ke E-katalog dan pelatihan keterampilan digital. Langkah ini diharapkan dapat membantu UMKM memanfaatkan potensi pasar online dan menjangkau konsumen yang lebih luas. Dengan berbagai inisiatif ini, DiskopUKM Kukar berambisi menciptakan ekosistem yang kondusif bagi pertumbuhan UMKM.

“Ke depan, DiskopUKM berkomitmen untuk terus mengembangkan dan mengevaluasi program-program yang telah dijalankan, guna mendukung keberlanjutan ekonomi lokal,” tuturnya.

“Kami mengajak para pelaku usaha yang telah dibina untuk mengundang rekan-rekan mereka bergabung, dengan harapan dapat mengurangi angka kemiskinan di Kukar. Kami akan terus melakukan pengawasan dan evaluasi untuk memastikan efektivitas program ini,” pungkas Taufiq. (*)

Print Friendly, PDF & Email