Diskominfo Kukar Beasiswa Kukar Idaman Hadir Lagi, Mahasiswa Luar Kaltim Bisa Daftar

Beasiswa Kukar Idaman Hadir Lagi, Mahasiswa Luar Kaltim Bisa Daftar

9
SHARE
Beasiswa Kukar Idaman 2024 hadir lagi. Mahasiswa Kukar yang ada di Kukar dan Sulawesi diminta mendaftar. (kontributor)

Mediasiutama.com, Tenggarong – Kabar baik bagi pelajar dan mahasiswa asal Kukar di Malang, Yogyakarta, dan Makassar. Sebab, program beasiswa Kukar Idaman 2024 kembali dibuka. Tiga kota di Pulau Jawa dan Sulawesi ini menjadi pusat penyebaran informasi dan penerimaan beasiswa yang ditujukan untuk pelajar serta mahasiswa di kawasan tersebut.

Dendy Irwan Fahriza, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setkab Kutai Kartanegara, mengungkapkan pemilihan ketiga kota ini berdasarkan hasil pemetaan jumlah pelajar dan mahasiswa terbanyak.

“Kami memilih Malang, Yogyakarta, dan Makassar sebagai lokus program beasiswa karena potensi yang besar di sana,” ujar Dendy pada Jumat (15/3/2024).

Dia mengatakan, program beasiswa yang telah berjalan sejak tahun 2023 ini mencakup berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari Beasiswa Pesantren tingkat Ula hingga Ulya, Beasiswa SMA/SMK/MA sederajat, hingga Beasiswa Diploma dan Strata. Untuk tahap pertama 2024, Setkab Kukar telah mengalokasikan dana sebesar Rp40 miliar.

“Peningkatan signifikan terlihat dari jumlah penerima beasiswa yang terus bertambah,” sebutnya.

Pada 2023, beasiswa berhasil tersalurkan kepada 2.200 penerima, meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya 1.100 penerima.

“Kami berharap dengan adanya asrama pelajar dan mahasiswa yang kami miliki di daerah-daerah tersebut, program ini akan semakin efektif,” tambah Dendy.

Selain menyediakan beasiswa, Setkab Kukar juga aktif memberikan pendampingan kepada calon penerima beasiswa, mulai dari proses pendaftaran hingga pengunggahan persyaratan ke website resmi beasiswa. “Kami ingin memastikan bahwa setiap pelajar dan mahasiswa yang berhak menerima beasiswa dapat melalui prosesnya dengan lancar,” sebutnya.

Dia menambahkan, dengan langkah-langkah strategis ini, diharapkan program Beasiswa Kukar Idaman dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat Kutai Kartanegara yang menuntut ilmu di luar daerah asalnya.

“Program ini tidak hanya membuka peluang pendidikan yang lebih baik, tetapi juga menjadi wujud nyata dari komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia,” pungkasnya. (*)

Adv/Diskominfo Kukar

Print Friendly, PDF & Email