Diskominfo Kukar Menengok Progres Jembatan Sebulu, Harapan Baru Konektivitas di Kukar

Menengok Progres Jembatan Sebulu, Harapan Baru Konektivitas di Kukar

11
SHARE
Menengok Progres Jembatan Sebulu, Harapan Baru Konektivitas di Kukar

Mediasiutama.com, Tenggarong – Sebuah lompatan besar dalam infrastruktur dan konektivitas diharapkan segera terwujud di Kecamatan Sebulu, Kutai Kartanegara. Proyek ambisius pembangunan Jembatan Sebulu, yang telah lama dinantikan oleh warga setempat, kini memasuki fase realisasi. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kutai Kartanegara, Wiyono, mengungkapkan bahwa proses lelang telah selesai dan pembangunan akan segera dimulai dengan penancapan tiang pancang pertama atau groundbreaking.

“Insyaallah, Jembatan Sebulu yang saat ini sangat diidam-idamkan warga setempat akan mulai dibangun tahun ini dengan diawali groundbreaking pembangunan,” ujar Wiyono pada Jumat (15/3/2024).

Kata dia, pembangunan jembatan ini diharapkan rampung dalam waktu dua tahun, dengan panjang total mencapai 443 meter dan biaya yang diperkirakan mencapai Rp650 miliar, termasuk untuk bentang jembatan dan jalan pendekat. Koordinasi dengan Kementerian PUPR dan Balai Jembatan telah dilakukan, mengingat setiap pembangunan jembatan dengan panjang lebih dari 100 meter memerlukan izin dari Komisi Keselamatan Jembatan Terowongan dan Jalan (KKJT).

“Tahun ini, fokus awal pembangunan akan tertuju pada jalan pendekat, dengan beberapa titik yang memerlukan pengurukan tanah dan konstruksi pile slab karena kondisi geografis yang rendah. Anggaran yang disiapkan untuk tahap ini adalah Rp203 miliar,” sebutnya.

Dia menerangkan, pembangunan jalan pendekat yang menghubungkan Dusun Sirbaya dan Desa Sebulu Modern ini direncanakan berlangsung selama satu tahun, dengan harapan seluruh proyek dapat selesai pada 2025 dan siap beroperasi pada 2026. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini ground breaking tanda dimulainya pembangunan Jembatan Sebulu dapat segera dilakukan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah,” harap Wiyono.

Dia menambahkan, Jembatan Sebulu tidak hanya akan melayani warga Kutai Kartanegara, tetapi juga diharapkan menjadi penghubung vital bagi empat kabupaten di Kaltim, termasuk Mahakam Ulu, Kutai Barat, dan Kutai Timur. Proyek ini merupakan bagian dari visi Pemkab Kukar untuk mengembangkan Kecamatan Sebulu sebagai pusat industri baru.

“Selama ini, akses tercepat ke Sebulu hanya bisa dicapai melalui transportasi air, namun dengan hadirnya jembatan ini, diharapkan dapat membuka peluang ekonomi yang lebih luas bagi warga setempat,” pungkasnya. (*)

Adv/Diskominfo Kukar

Print Friendly, PDF & Email