Diskominfo Kukar Pulau Kumala Kukar Berbenah Sambut Geliat Wisata Baru

Pulau Kumala Kukar Berbenah Sambut Geliat Wisata Baru

7
SHARE
Keterangan foto: Pulau Kumala di Kukar bakal dipercantik demi menarik pelancong luar Kukar dan Kaltim. (Dok. Kontributor)

Mediasiutama.com, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tengah bersiap untuk memberikan wajah baru kepada Pulau Kumala, destinasi wisata yang berada di pusat Kecamatan Tenggarong. Inisiatif ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan daya tarik wisata daerah tersebut.

Setelah berhasil memasang ornamen lampu tematik yang menambah estetika Jembatan Repo-Repo, pintu gerbang menuju Pulau Kumala, kini pemerintah setempat mengarahkan fokusnya pada peningkatan kualitas dan variasi wahana yang ada di pulau tersebut.

“Kami berencana untuk melakukan perbaikan pada beberapa wahana yang sudah ada dan juga menambahkan wahana baru yang akan menambah keseruan pengalaman berwisata di Pulau Kumala,” ujar Sugiarto, Sekretaris Dinas Pariwisata Kukar pada Jumat (22/3/2024).

Salah satu wahana yang akan mendapatkan sentuhan perbaikan adalah sepeda air, yang telah menjadi salah satu atraksi favorit pengunjung. Selain itu, pembangunan wahana baru seperti Waterboom dijadwalkan untuk memulai debutnya di tahun 2024, menjanjikan kesegaran baru bagi para pencinta rekreasi air.

“Perhatian juga tertuju pada wahana Sky Tower, yang rencananya akan direvitalisasi agar dapat kembali beroperasi dan menjadi magnet baru untuk menarik wisatawan,” terangnya.

Pihaknya akan melakukan pemeriksaan menyeluruh pada mesin Sky Tower dengan bantuan teknisi ahli. Kami berharap dapat menghidupkan kembali wahana ini pada 2024. Tidak hanya itu, Pulau Kumala juga akan dilengkapi dengan sistem pengawasan berupa kamera CCTV untuk meningkatkan aspek keamanan dan kenyamanan pengunjung.

“Kami berkomitmen untuk terus membenahi dan memperkaya fasilitas di Pulau Kumala agar bisa kembali menjadi destinasi wisata yang berjaya,” imbuhnya.

Dengan rencana yang telah disusun, Pulau Kumala siap untuk memasuki babak baru sebagai permata wisata yang berkilau, menawarkan pengalaman yang lebih menyenangkan dan aman bagi semua pengunjung. Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Pemkab Kukar untuk mempromosikan pariwisata daerah dan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi setiap orang yang datang ke Pulau Kumala.

“Kami berharap dengan berbagai pembaruan yang dilakukan, Pulau Kumala akan semakin memantapkan posisinya sebagai salah satu destinasi wisata terkemuka di Kukar dan menjadi simbol kemajuan pariwisata di Kalimantan Timur,” tutup Sugiarto.

(Adv/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email