Diskominfo Kukar Taruna Akmil Siapkan Diri untuk Latsitarda di Kutai Kartanegara

Taruna Akmil Siapkan Diri untuk Latsitarda di Kutai Kartanegara

6
SHARE

Mediasiutama.com, Tenggarong – Sebanyak 147 taruna Akademi Militer (Akmil) akan mengikuti Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-44 Tahun 2024 di Kutai Kartanegara. Mereka akan menjalani latihan di beberapa lokasi, yakni Desa Bangun Rejo, Tenggarong Seberang; Desa Panca Jaya, Muara Kaman; Kelurahan Timbau, Tenggarong; Desa Sumber Sari, Loa Kulu dan Loa Kulu Kota.

Sebelum memulai Latsitarda yang akan berlangsung mulai 30 April-4 Juni 2024, para taruna mendapat pembekalan dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono di Akmil Magelang. Dalam pemaparannya, Sunggono menyajikan gambaran umum Kukar, baik secara geografis, kependudukan, ekonomi, pariwisata, dan pemerintahan.

“Kukar memiliki luas wilayah 27.263 km persegi dan merupakan kabupaten terbesar di Kaltim,” ujar Sekda Sunggono pada Selasa (22/4/2024).

Penduduk Kukar terdiri dari berbagai suku bangsa, dengan suku asli Kutai sebagai mayoritas. Suku lain yang mendiami Kukar antara lain Banjar, Bugis, Jawa, dan Dayak dengan total 788.113 jiwa.

Sunggono juga menyoroti warisan budaya yang beragam dan telah diwariskan dari generasi ke generasi. Melalui berbagai ekspresi seni dan tradisi, Kukar berhasil menjaga identitasnya yang unik dan kaya.

Dalam kesempatan itu, Sunggono berpesan kepada para taruna agar dalam pelaksanaan Latsitarda menerapkan filosofi di mana bumi dipijak langit dijunjung.

“Para taruna diharapkan menghormati adat budaya dan menghargai kearifan lokal,” tegasnya.

Danmentar Akmil Brigjen TNI Dwi Sasongko memaparkan bahwa sebanyak 414 taruna Akmil akan menjalani Latsitarda. Khusus untuk Kukar sebanyak 147 taruna. Menurutnya, pembekalan ini sangat penting bagi para taruna sebagai gambaran dan persiapan agar dalam pelaksanaan latsirda tidak mengalami kendala.

“Pembekalan ini sangat penting bagi para taruna sebagai gambaran dan persiapan agar dalam pelaksanaan latsirda tidak mengalami kendala,” ujarnya.

Selain taruna Akmil, pembekalan juga diikuti secara virtual para taruna Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL) Akademi Kepolisian (Akpol), Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Taruna Poltek SSN, Kadet Unhan dan mahasiswa wilayah Kaltim.

(Adv/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email