Advertorial Komisi IV DPRD Kaltim Dorong Program Peningkatan SDM, Usulkan Bantuan ke Desa...

Komisi IV DPRD Kaltim Dorong Program Peningkatan SDM, Usulkan Bantuan ke Desa dan Beasiswa

34
SHARE
Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Akhmed Reza Fachlevi.

Mediasiutama.com, Samarinda – Komisi IV DPRD Kaltim mendorong Pemprov Kaltim memiliki program yang berfokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Guna mendukung program peningkatan SDM di Benua Etam, pihaknya merencanakan beberapa usulan program terkait.

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Akhmed Reza Fachlevi, mengatakan bahwa program yang diusulkan pihaknya adalah berupa bantuan yang ditujukan ke masyarakat desa. Bantuan itu disalurkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim.

“Supaya masyarakat di desa-desa yang ada di Kaltim bisa terus berdaya dan mengembangkan potensi mereka,” ungkap Reza.

Selain memberi bantuan ke masyarakat desa, pihaknya juga berupaya untuk memaksimalkan program Beasiswa Kaltim yang dikelola oleh Badan Pengelola Beasiswa Kaltim (BPBKT) di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim.

Politisi dari Fraksi Gerindra itu mengatakan, sebenarnya program Beasiswa Kaltim sudah bagus. Mengingat, sejak kemunculan beasiswa itu pada 2019 banyak masyarakat yang berburu untuk mendapatkannya.

Reza juga melihat, dengan adanya Beasiswa Kaltim ini kapasitas belajar para siswa dan mahasiswa juga terus meningkat. Pun penyeleksian Beasiswa Kaltim mengacu pada nilai dan indeks prestasi.

“Namun dari segi penyebarluasan informasi masih perlu untuk ditingkatkan. Supaya semua masyarakat di berbagai daerah, di desa-desa juga tahu, dan bisa ikut,” tambah Reza.

Dijelaskan Reza, peningkatan program untuk pengembangan kualitas SDM sangatlah memungkinkan. Pertimbangannya karena melihat APBD Perubahan Kaltim 2023 yang meningkat tinggi, mencapai Rp 20,67 triliun.

Adanya kenaikan anggaran, dipandang perlu oleh Reza untuk memastikan anggaran yang ada bisa terserap. Sekaligus bisa memberikan manfaat untuk dinikmati langsung oleh masyarakat luas.

“Anggaran yang ada, serapannya ini harus dimaksimalkan. Supaya manfaatnya bisa dirasakan semua pihak,” tutupnya. (Adv/DPRD KALTIM)

Print Friendly, PDF & Email