DPMD Kukar Di Balik Kesuksesan Desa: Peran Vital Pengurus RT

Di Balik Kesuksesan Desa: Peran Vital Pengurus RT

14
SHARE

Mediasiutama.com, Tenggarong – Di balik kesuksesan sebuah desa, ada peran vital yang dimainkan oleh para pengurus RT. Mereka adalah ujung tombak pemerintahan di tingkat desa, yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Di Desa Embalut, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), para pengurus RT mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan kapasitasnya melalui Bimtek Peningkatan Kapasitas Pengurus RT yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar.

Bimtek ini menghadirkan narasumber dari DPMD Kukar yang memaparkan berbagai materi terkait dengan tugas dan fungsi RT, tata kelola pemerintahan desa, dan pengelolaan keuangan desa.

Salah satu peserta bimtek, Supriyanto, Ketua RT 01 Desa Embalut, mengatakan bahwa bimtek ini sangat bermanfaat baginya.

“Bimtek ini memberikan saya pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat saya terapkan dalam menjalankan tugas sebagai Ketua RT,” kata Supriyanto. Rabu (10/1/2024).

Supriyanto mengatakan bahwa sebagai Ketua RT, ia memiliki banyak tugas dan tanggung jawab, di antaranya menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, membantu kelancaran program pemerintah desa, dan menyelesaikan permasalahan di tingkat RT.

“Tugas saya sebagai Ketua RT tidak mudah, tetapi dengan pengetahuan dan keterampilan yang saya dapatkan dari bimtek ini, saya yakin dapat menjalankan tugas saya dengan lebih baik,” kata Supriyanto.

Bimtek Peningkatan Kapasitas Pengurus RT ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pemerintahan di tingkat desa. Dengan meningkatkan kapasitas para pengurus RT, diharapkan desa-desa di Kukar dapat menjadi desa yang lebih maju dan mandiri.

Adv/DPMD Kukar

Print Friendly, PDF & Email