DPRD Kota Samarinda Warga Kelurahan Masjid Khawatir dengan Rencana Pembangunan Dermaga Wisata

Warga Kelurahan Masjid Khawatir dengan Rencana Pembangunan Dermaga Wisata

26
SHARE
KETUA KOMISI l DPRD KOTA SAMARINDA, JOHA FAJAR SAAT DI WAWANCARAI, (Istimewa)

Mediasiutama.com, Samarinda – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda untuk membangun Dermaga Wisata di Kelurahan Masjid, Kecamatan Samarinda Seberang, menuai kekhawatiran dari warga setempat. Mereka merasa proyek tersebut akan merusak lingkungan dan mengancam mata pencaharian mereka yang sebagian besar berasal dari sungai.

Hal ini disampaikan oleh Joha Fajal, Ketua Komisi I DPRD Samarinda, yang juga mantan warga kawasan tersebut. Ia mengkritik Pemkot Samarinda yang belum memberikan kejelasan dan sosialisasi yang memadai kepada masyarakat terdampak.

“Harus dipertimbangkan warga yang tinggal di sana, karena perkampungan itu juga merupakan bagian dari sejarah,” ungkapnya.

Joha, yang juga anggota Partai Nasional Demokrat (NasDem), mengatakan bahwa ia mengenal baik kondisi warga yang hidup bersahabat dengan sungai. Ia mengaku pernah tinggal di sana selama empat tahun.

“Saya paham kondisinya seperti apa, memang sulit jika masyarakat yang sudah terbiasa di sungai baru dipindahkan ke darat,” jelasnya.

Ia menekankan bahwa Pemkot Samarinda tidak boleh seenaknya membangun dermaga tanpa memperhatikan hak dan kesejahteraan warga yang akan terkena dampak sosialnya.

“Diberikan pemahaman kepada warga walaupun memang itu ada hak pemerintah membangun di sana. Kita hanya ingin memanusiakan manusia,” pungkasnya.

Adv/DPRD smr.

Print Friendly, PDF & Email